Musim Penghujan, Dinkes Makassar Antisipasi DBD

  • Whatsapp
Musim Penghujan, Dinkes Makassar Antisipasi DBD

Musim Penghujan, Dinkes Makassar Antisipasi DBD

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi  wabah Deman Berdaeah Dengue (DBD) pada musim penghujan ini.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Makassar, Agus Djaja Said mengatakan, masyarakat harus mampu  mengatasi genangan air yang ada di sekitar rumah tinggalnya.

“Drainase harus diperhatikan jangan sampai airnya tidak mengalir. Begitu juga dengan genangan air,” kata Agus,  Minggu (15/11/2020).

Selain mengimbau masyarakat, kata Agus, pihaknya juga menyampaikan instruksi kepada Puskesmas untuk  melakukan antisipasi serupa.

Menurutnya, antisipasi DBD menjadi rutinitas Dinkes Makassar. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan  fogging.

Bahkan, kecamatan yang memiliki kawasan kumuh menjadi sasaran lantaran dinilai paling rawan terjadi demam  berdarah. Sehingga, menurut Agus, kawasan ini akan menjadi perhatian Dinas Kesehatan.

“Jadi kita rutin melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Termasuk melakukan penyemprotan di daerah  rawan,” ujar dia.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mengenali gejala awal demam berdarah. Salah satunya  demam secara mendadak.

Masyarakat bahkan diminta untuk segera periksa ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit ataupun puskesmas  jika demam yang diderita berlangsung selama dua tiga hari. (rul).

Pos terkait