Disperpusip Bantaeng Rakor Bidang Perpustakaan

  • Whatsapp
Disperpusip Bantaeng Rakor Bidang Perpustakaan
BANTAENG, UPEKS.co.id–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan(Disperpusip)Kabupaten Bantaeng menggelar Rapat Koordinasi Bidang Perpustakaan Tingkat Kabupaten Bantaeng.
Kegiatan ini diikuti oleh pengelola Perpustakaan Kecamatan,Pengelola Perpustakaan Kelurahan,Pengelola Perpustakaan Rumah ibadah dan Pengelola Komunitas Baca,bertempat di Ruang Baca Perpustakaan Umum Bantaeng,Kamis(19/11/2020).
Menurut Plt Kabid Binwas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng yang juga sebagai ketua Pelaksana kegiatan Sudarman,SE mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan persaudaraan antar pelaku perpustakaan dan para pengelola perpustakaan di Kabupaten Bantaeng.
Selain itu,juga menambah ilmu dan Pengetahuan untuk pengembangan transpormasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantaeng serta menjalin komunikasi diberbagai kebijakan Pemerintah khususnya dalam menangani Pandemi Covid-19 dan kemajuan yang telah dilakukan dibidang perpustakaan,tandasnya.
Sementara itu,Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng DR,Ir.H.Andi Akil,MBA,MM mengatakan Perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia(SDM)yang berkualitas,mandiri,dan mampu berdaya saing di era global.Peran penting perpustakaan itu diantaranya yakni membangun ekosistem masyarakat yang berpengetahuan,dan sebagai penguatan literasi masyarakat melalui transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial serta sebagai hak masyarakat untuk mendapatkan layanan perpustakaan yang dijamin UU No.43 Tahun 2007,jelas dia.
Hal tersebut sejalan dengan visi dan Misi Bupati dan wakil Bupati yakni”Terwujudnya Masyarakat yang Sejahtera Lahir Batin Berorientasi pada kemajuan,keadilan,Kelestarian dan Keunggulan Berbasis Agama dan Budaya Lokal”.Dan juga sejalan dengan misi pertama Pembangunan¬† Kab.Bantaeng yakni Mewujudkan SDM yang berkualitas,jelas dia.
Lanjut kata dia,Rakor ini mengambil tema”meningkatkan Kualitas SDM melalui Transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial menuju kesejahteraan Masyarakat,tema ini tentu mengajak kita bersama sama untuk selalu mengutamakan kemitraan atau sinergi antara lintas sektoral dan lembaga.Upaya ini merupakan perwujudan prinsip perencanaan partisipatori pembangunan agar dalam pengambilan kebijakan dan program terdapat satu kesatuan visi dan Misi yang utuh dalam percepatan pencapaian sasaran dan tujuan kita bersama,tambahnya.
Selanjutnya kata dia.Terlebih lagi dengan masuknya perpustakaan dalam program dan kegiatan prioritas nasional perihal “penguatan Literasi untuk Masyarakat”.Masuknya perpustakaan dalam prioritas nasional tersebut memberikan amanat kepada Pemda untuk terus meningkatkan dan mengembangkan layanan perpustakaan di seluruh Indonesia yang berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat¬† dengan hadirnya layanan perpustakaan sebagai ruang publik yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya untuk meningkatkan kesejahteraan,pungkasnya.
Kegiatan ini dibuka Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng DR.Ir.H.Andi Akil,MBA,MM.Dihadiri Sekretaris Disperpusip Hj.Lidah,SE,Kabid Penyelenggaraan Perpustakaan Hj.St.Nurlaeliah,SE dan Plt.Kabid Binwas Sudarman,SE.(Irwan.Patra)

 

Pos terkait