Disdukcapil Rakor dan Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Minduk

  • Whatsapp
Disdukcapil Rakor dan Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Minduk

Disdukcapil Rakor dan Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Minduk

MAJENE, UPEKS.co.id—Dinas Kependukukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Majene melaksanakan  Rapat Koordinasi, sekaligus Sosialisasi Kebijakan Penyelenggara Administrasi Kependudukan, Senin (23/11/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri Pjs Bupati Majene, M.Natsir, Ketua KPU Majene, Muh.Arsalin Aras, Komisioner Bawaslu Majene,  Dardi, Para Camat, Para Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Majene.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Asri Albar mengatakan, Agenda rapat koordinasi hari ini untuk  finalisasi hasil perekaman keliling KTP elektonik, termasuk beberapa jenis layanan kependudukan lainnya. Selain itu memaksimalkan persiapan menuju sukses pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Asri juga melaporkan, bahwa untuk perekaman KTP elektronik masih menyisahkan 981 jiwa yang belum merekam  dengan progres perekaman mencapi 99,4 persen. Hasil tersebut menjadikan Majene terbaik di Sulawesi Barat.  Bahkan dari 514 Kabupaten Kota di Indonesia Kabupaten Majene berada di posisi 33.

“Untuk itu dalam rapat hari ini akan dikaji bersama para para Camat Lurah dan Kepala Desa terkait kemungkinan  masih ada warga yang enggan melakukan perekaman keliling diwilayahnya. Kita juga mau memastikan kondisi penduduk, sehingga nanti kami bersama sama pemeritah kecamatan melakukab validasi jika masih
signifikan kita masih akan kembali ke lapangan tahap selanjutnya,” terangnya.

Selain itu kata Asri, untuk memaksimalkan pelayanan pengurusan kependudukan di masyarakat, Disdukcapil  bersama Kecamatan, Kelurahan dan Pemerintah Desa akan mengkaji rancangan perjanjian kerja sama untuk peningkatan status kependudukan tahun 2021.

Dimana untuk mendapatkan 18 layanan kependudukan, masyarakat tidak perlu lagi ke kota atau kabupaten cukup  di Pemdes, kantor Camat dan kantor kelurahan.

“Ini merupakan inovasi yang dilakukan Disdukcapil Majene dan pertama di Sulbar, kami berharap bisa dikaji  bersama sehingga rancangannya bisa direalisasikan diakhir 2020 dan dilaksanakan efektif di 2021,” ujarnya.

Sementara itu Pjs Bupati Majene, M Natsir usai membuka kegiatan meminta agar Opd, Camat, Lurah dan Kepala  Desa fokus pada perekaman KTP elektronik, khususbya warga mana lagi yang belum melakukan perekaman,  terutama pemilih pemula.

“Tolong ini disisir disetiap Kecamatan mana Keluarahan mana Desa mana supaya dilakukan percepatan. Apalagi  Pilakda serentak kali ini tidak ada lagi suket. Untuk itu saya meminta agar seluruh pihak bekerja bersama untuk 15  hari kedepan, agar Pilkada Majene tetap jadi yang terbaik, tidak konflik, protes dan berjalan lancer, pak Lurah, pak Camat dan Kades Bantu KPU dan Bawaslu, 981 jiwa ini kecil tolong bersungguh-sungguh saya sisa 12 hari ada  disini, saya ingin semua pekerjaan tuntas,” tandasnya.

Usai acara pembukaan dilanjutkan penyerahan KTP Elektronik haisl pelayanan keliling oleh Pjs Bupati Majene  kepada Kelurahan Rangas, dan Desa Tubo Poang. Serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) hasil pelayanan keliling kepada SD 4 Tanjung Batu Kecamatan Banggae Timur, dan SD 26 Pakkola Kecamatan
Banggae.(Alimukhtar)

 

Pos terkait