Dinkes Makassar: 2.423 Warga Makassar Ikut Swab Tes Usap Massal

  • Whatsapp
Dinkes Makassar: 2.423 Warga Makassar Ikut Swab Tes Usap Massal

 

 

Bacaan Lainnya

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Dari total 2.500 unit alat pemeriksaan yang disiapkan. Sebanyak 2.423 warga antusias mengikuti pemeriksaan tes usap atau swab di enam kecamatan yang masuk kategori episentrum Covid-19 di Makassar.

Hasil pemeriksaan tes usap tersebut akan diumumkan setelah hasilnya keluar dari laboratorium Unhas sebagai lokasi pemeriksaan sampel.

Adapun enam kecamatan yang telah melakukan pemeriksaan tes usap, antara lain, Kecamatan Rappocini dengan 103 pemeriksaan. Hasilnya 6 warga dinyatakan positif Covid-19.

Kemudian Kecamatan Biringkanaya sebanyak 185 pemeriksaan tes usap, hasilnya 11 warga dinyatakan positif Covid-19.

Selanjutnya, di Kecamatan Panakukang, ada 335 warga, 5 diantaranya dinyatakan positif Covid-19 meskipun 31 sampel lainnya masih menunggu hasil laboratorium.

Kecamatan Tamalate sebanyak 542 warga yang mengikuti tes, 1 dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan di mobil PCR.

Sementara, Kecamatan Manggala sebanyak 427 warga yang mengikuti pemeriksaan. Hasilnya pun belum diketahui dan masih dalam pemeriksaan di laboratorium bersama beberapa sampel dari kecamatan lainnya.

Terakhir, Kecamatan Tamalanrea, sekaligus pemeriksaan paling banyak dengan 831 sampel. Sebanyak 32 sampel diperiksa di tes cepat mobil PCR dengan hasil negatif. Sedangkan 799 sisanya diperiksa tes swab biasa

“Untuk tes swab biasa hasilnya belum ada karena akan diperiksa di Laboratorium. Semua belum ada hasilnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, Jumat 18 September 2020.

Lebih jauh, Naisyah menyampaikan warga yang dinyatakan positif Covid-19 akan diarahkan ke Rumah Sakit rujukan Covid-19 untuk diisolasi.

“Kita arahkan untuk isolasi di rumah sakit. Selain itu kita akan tracing keluarganya, siapa yang punya kontak erat, termasuk sekitar rumahnya,” pungkasnya.(rul)

Pos terkait