Dewan Masjid Sulsel Kukuhkan Tim Relawan 

  • Whatsapp
Dewan Masjid Sulsel Kukuhkan Tim Relawan 

MAKASSAR, Upeks.co.id–Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel mengukuhkan tim relawan bencana dewan masjid se kabupaten/kota. Pengukuhan dilakukan langsung Ketua DMI Sulsel HM Amin Syam di sela-sela pembukaan Orientasi Pembentukan Relawan Dewan Masjid dan Orientasi Pengelolaan Zakat dan Wakaf Pengurus DMI, di Traveller Hotel Phinisi, Rabu (11/11/2020).

HM Amin Syam dalam dalam arahannya menyebutkan, pembentukan relawan dilakukan setelah melihat fenomena alam yang terjadi akahir-akhir. Seperti bencana alam berdasarkan data pada 2019, jumlahnya mencapai 3.758 sedangkan 2018 tercatat 3.300 lebih.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2020 diprediksi akan naik meski belum ada data. Itu baru kecelakaan hidrometerologi (bencana alam, red), belum yang lain,” ujarnya.

Dengan meningkatnya gejala alam, maka semua elemen masyarakat ikut peduli. Dalam konteks organisasi, maka Dewan Masjid harus terlibat karena peduli kepada umat. “Seperti yang terjadi saat bencana banjir bandang di Masamba Luwu Utara. Alhamdulillah kita turun tim dari dewan masjid,” lanjutnya.

Diakuinya, pembentukan tim relawan dari Dewan Masjid tujuannya ingin bersama komponen yang lain cepat menangani maslah bencana yang terjadi. Tapi, organisasi tidak jalan kalau tidak bentuk komando dan pasukannya.

Untuk menindaklanjuti pembentukan relawan ini, Dewan Masjid Sulsel akan memberikan pembekalan kepada para relawan melibatkan pemateri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel.

Ketua panitia kegiatan Orientasi Pembentukan Relawan yang juga Ketua Biro Sosial, Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana DMI Sulsel H Mudarak Dahlan mengatakan, kegiatan yang berlangsung dua hari ini melibatkan sejumlah pemateri.(rls)

Pos terkait