Berkali-kali Rasakan Manfaatnya, Martha Merasa Beruntung Jadi Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp
Berkali-kali Rasakan Manfaatnya, Martha Merasa Beruntung Jadi Peserta JKN-KIS
Narasumber : Martha
Berkali-kali Rasakan Manfaatnya, Martha Merasa Beruntung Jadi Peserta JKN-KIS
Narasumber : Martha

Makale, Upeks.co.id – Memiliki jaminan kesehatan merupakan kebutuhan dasar dari setiap insan. Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang diberikan, Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program pemerintah yang paling diminati di tengah masyarakat dalam memberikan jaminan kesehatan. Tak terkecuali bagi Martha, salah seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU) yang berdomisili di Tana Toraja. Ketika ditanya seputar pengalamannya menggunakan manfaat Program JKN-KIS, ia begitu antusias berbagi cerita selama menjadi peserta kepada tim Jamkesnews.

“Saya memiliki riwayat hipertensi sehingga harus rutin mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Hal itu mulai berlangsung sejak tahun 2019, sejak itu saya selalu melakukan kontrol kesehatan dan sambung obat hingga saat ini. Jika dipikir-pikir berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan jika harus rutin mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan namun beruntungnya dengan menjadi peserta JKN-KIS saya tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya ketika berobat,” ujarnya, Selasa (27/10)

Bacaan Lainnya

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang kerap kali tidak disadari oleh penderitanya tanpa pemeriksaan tekanan darah. Hipertensi tidak dapat dianggap remeh, dalam kondisi jangka panjang dan tidak terkontrol bisa menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah dan jantung.

“Sejak saat itu oleh dokter, saya dianjurkan untuk menjaga pola makan, rutin minum obat serta menjaga gaya hidup sehat. Syukurlah kini kesehatan saya berangsur membaik namun tetap harus rutin mengikuti anjuran dokter,” sambung Martha.

Martha juga mengatakan tidak masalah jika gaji tiap bulannya dipotong untuk pembayaran iuran JKN-KIS sesuai ketentuan yang berlaku, karena manfaat kesehatan yang didapatkan justru lebih besar dari iuran yang dibayarkan.

“Menjadi peserta JKN-KIS tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain pun dapat dapat merasakan manfaatnya sesuai dengan slogan gotong royong semua tertolong. Sehingga kewajiban untuk membayar iuran tidak menjadi beban karena dapat saling membantu dan merasakan sendiri manfaatnya,” ujar Martha.

Tak hanya itu rupanya ia juga pernah mendapatkan layanan kacamata berbekal kartu JKN-KIS.

“Sesuai rekomendasi dan resep dokter saya mendapatkan kacamata di salah satu optik di daerah saya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Rupanya program JKN-KIS benar-benar mencakup banyak hal bahkan fasilitas untuk kacamata pun ditanggung. Tidak rugi menjadi peserta JKN-KIS,” tuturnya. (Jamkesnews)

Pos terkait