MAKASSAR CITY

Andi: JKN-KIS Menguntungkan Kami Sekeluarga

Andi: JKN-KIS Menguntungkan Kami Sekeluarga

Watampone, Upeks.co.id – Keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan terwujudnya Universal Health Coverage memerlukan dukungan penuh dari pemerintah, seluruh stakeholder dan peran serta dari seluruh komponen masyarakat.

Itulah yang diucapkan oleh Andi Ferawati (42), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang berprofesi sebagai seorang dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Indonesia Kabupaten Bone. Ia mengatakan, dirinya pun sangat mengapresiasi perusahaanya dalam memenuhi hak atas jaminan kesehatan pada pekerja dan keluarganya.

“Saya telah merasakan manfaat menjadi peserta JKN-KIS, salah satunya adalah saat anak pertama saya yang berusia enam tahun mengalami patah tulang karena terpeleset jatuh di rumah. Anak saya mendapatkan perawatan langsung saat berobat di rumah sakit dan alhamdulillah tidak ada sepeser pun biaya yang kami keluarkan,” tutur Andi.

Andi: JKN-KIS Menguntungkan Kami Sekeluarga

Dia menambahkan, keuntungan menjadi segmen peserta Pekerja Penerima Badan Usaha selain kepesertaannya yang mencakup seluruh anggota keluarganya, adalah ia sekeluarga mendapatkan hak perawatan yang di kelas dua.

“Hal ini berbeda dengan kepesertaan mandiri beberapa tahun lalu, di mana saya harus membayar rutin iuran peserta JKN-KIS per jiwa per bulan. Dengan kemampuan finansial yang ada, kami pun mendaftar sebagai peserta di kelas tiga. Alhamdulillah sekarang dibiayai oleh kantor, jadi naik ke kelas dua. Saya dan keluarga tetap mendapatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sama baiknya,” ucapnya.

Tak sampai di situ, ia juga mengungkapkan betapa pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menyukseskan Program JKN-KIS dengan bergotong royong.

“Program JKN-KIS ini konsepnya gotong royong, sementara gotong royong itu sendiri adalah ciri khas bangsa Indonesia. Keberlangsungan program ini memerlukan kepatuhan pembayaran iuran dari seluruh peserta,” tegas Andi.(Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top