PARIWARA

Tingkatkan Akurasi Klaim Non Kapitasi, BPJS Kesehatan Kendari Gelar Evaluasi E-Claim Primer

Kendari, Upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Kendari menggelar kegiatan Evaluasi Pelaksanaan E-Claim Primer dengan mengundang tenaga kesehatan yang bertugas meng-input klaim non-kapitasi di setiap Puskesmas di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kendari pada Jumat (11/09).

“Validasi entry pendaftaran dari tanggal riil pelayanan yang diberikan kepada peserta maksimal 1 bulan dan validasi entrypelayanan dari tanggal entry pendaftaran maksimal 1 bulan serta surat pernyataan pelayanan (SPP) seharusnya terbit secara realtime sesuai tanggal pelayanan diberikan,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Nurwahdaniyah As’ad.

Ia juga menjelaskan bahwa E-Claim Primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta JKN-KIS secara digital.

“E-Claim Primer dilatarbelakangi ketertiban FKTP untuk menagihkan klaim non kapitasi secara periodik dan lengkap, keluhan berkas pengajuan klaim yang lumayan banyak, serta masih diperoleh temuan auditor yang berulang yang berdampak pada pembayaran yang tidak efektif oleh BPJS Kesehatan dan pengembalian biaya pelayanan kesehatan oleh FKTP itu sendiri, termasuk risiko reputasi yang diterima kedua belah pihak,” tambah Nurwahdaniyah.

Dengan E-Claim Primer, FKTP akan lebih mudah mengajukan klaim, meminimalkan berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran klaim, serta memiliki catatan riwayat pelayan peserta secara digital. Dari sisi BPJS Kesehatan, akan mempercepat proses verifikasi, memastian pembayaran pelayanan kesehatan secara efektif dan efisien serta meningkatkan akuntabilitas. Bagi peserta, E-Claim Primer memberikan kontinuitas pelayanan kesehatan karena data pasien telah terekam dengan jelas dan akurat.

“FKTP diharapkan berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan berkualitas bagi peserta. Selain itu, menyediakan jaringan komunikasi data sesuai spesifikasi, penyediaan sarpras yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan, menjaga dan meningkatkan ketertiban untuk entri pelayanan secara realtime serta menjaga validitas dan kualitas entri pelayanan peserta,” kata Nurwahdaniyah.

Feriska Marta dari Puskesmas Pondidaha mengatakan bahwa E-Claim Primer sangat membantu dan mempermudah administrasi klaim non kapitasi di puskesmasnya.

“Berkas klaim lebih mudah terlacak, dipelajari serta diverifikasi dan dipantau sehingga riwayat klaim dapat dengan mudah diketahui puskesmas sedari awal sampai dengan terbayarkan,” katanya.  (Jamkesnews)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top