Program Relaksasi Iuran Hadir Bantu Marlia Lunasi Tunggakan JKN-KIS

  • Whatsapp
Program Relaksasi Iuran Hadir Bantu Marlia Lunasi Tunggakan JKN-KIS
Narasumber : Andi Marlia
Program Relaksasi Iuran Hadir Bantu Marlia Lunasi Tunggakan JKN-KIS
Narasumber : Andi Marlia

Kepulauan Selayar, Upeks.co.id – Masa pandemi Covid-19 ini sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat. Termasuk pada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), sangat berdampak pada pembayaran iuran per bulannya. Karena kondisi finansial, ada yang menunggak hingga tidak dapat dibayarkan dan kartu menjadi non aktif. Seperti halnya yang dialami Marlia.

“Mulanya saya berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan untuk menyampaikan sudah tidak mampu lagi membayar iuran BPJS Kesehatan yang telah menunggak lebih dari 2 (dua) tahun. Apalagi saat sekarang ini pemasukan sudah berkurang karena terkena dampak pandemi Covid-19 ini,” ungkap warga Dusun Todakke, Kec. Bontomatene, Kepulauan Selayar ini.

Bacaan Lainnya

Beruntung Pemerintah memberikan Program Relaksasi Iuran bagi peserta JKN-KIS yang telah memiliki tunggakan lebih dari 6 (enam) bulan untuk meringankan beban peserta yang menunggak agar tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan. Dengan program ini, peserta yang menunggak bisa mengaktifkan kartunya dengan hanya membayar maksimal iuran 6 (enam) bulan ditambah 1 bulan berjalan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, dengan adanya Program Relaksasi Iuran saya dapat membayar tunggakan iuran sebagian terlebih dahulu dan kartu saya telah aktif. Dengan ini saya bisa kembali berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS lagi di fasilitas pelayanan,” katanya.

Selanjutnya, dengan program cicilan, diharapkan peserta JKN-KIS yang menunggak yang telah mendaftar program relaksasi iuran dapat melakukan angsuran pembayaran secara bertahap sesuai dengan kemampuan peserta. Program ini sangat membantu untuk masyarakat yang kondisi perekonomiannya terkena dampak selama masa pandemi Covid-19. Marlia yang juga sebagai tenaga honorer dengan pendapatan yang tidak menuntu mengaku sangat terbantu dengan program tersebut dan berharap masyarakat lainnya juga dapat memanfaatkannya.

“Bersyukur sekali iuran JKN-KIS saya akhirnya dapat dibayarkan dengan pembayaran sebagian dan dicicil. Semoga program ini dapat memberikan manfaat oleh masyarakat terutama yang terdampak masalah ekonomi,” katanya. (Jamkesnews)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *