PNUP Wisuda Selama 3 Hari

  • Whatsapp
PNUP Wisuda Selama 3 Hari

 

MAKASSAR, Upeks.co.id– Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan wisuda ke-34 yang diikuti 1.500 mahasiswa. Wisuda kali ini berbeda dengan biasanya, karena adanya pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kali ini, pelaksanaan wisuda melalui Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda XXXIV Ahli Madya & Sarjana Terapan PNUP dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, Sabtu-Minggu-Senin (10-12/10/2020) yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 2 PNUP, Moncongloe, Maros.

“Wisuda kali ini, berbeda dengan biasanya, karena pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan wisuda ini, terlebih dahulu kita harus meminta izin kepada Pak Gubernur Sulsel. Tetapi, kesyukuran wisuda ini kita dapat laksanakan. Saya ucapkan selamat kepada para mahasiswa dan mahasiswa yang diwisuda beserta orang tua wisudawan,” ujar Prof Muhammad Anshar, Direktur PNUP saat memberikan arahan pada acara wisuda hari pertama di Auditorium Kampus 2 PNUP, Moncongloe, Maros, Sabtu (10/10/2020).

Anshar menjelaskan, kali ini PNUP berhasil meluluskan alumni baru yang diwisuda dalam tiga hari rangkaian wisuda. Dimana hari pertama Jurusan Mesin (dengan jumlah 224 wisudawan) dan Administrasi Niaga (dengan jumlah 143 wisudawan), hari kedua kedua wisuda jurusan Sipil (dengan jumlah 155 wisudawan) dan Jurusan akuntansi (dengan jumlah 178 wisudawan) serta pada hari ketiga adalah Jurusan Elektro (dengan jumlah 307 wisudawan) dan Jurusan Teknik Kimia (dengan jumlah 119 wisudawan).

“Total wisudawan/wati adalah sebanyak 1.150 alumni yang terdiri dari 675 orang lulusan Program Diploma-3 dan 475 orang lulusan Program Sarjana Terapan,” jelasnya.

“Sebenarnya wisuda dengan jumlah 1.150 mahasiswa ini bisa dilaksanakan satu kali, tetapi kondisi pandemi Covid-19 membuat kita harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat sesuai instruksi izin pelaksanaan kegiatan wisuda ini, makanya kita laksanakan selama tiga hari,” tambahnya.

Anshar mengatakan, PNUP akan terus melakukan pembenahan infrastruktur. Terutama membangun bangunan gedung perkuliahan dan praktek kerja di atas lahan seluas 32 Hektare (Ha). Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dukungan dan peran serta Ikatan Kekeluargaan Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang (IKA PNUP) untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Kita harapkan IKA PNUP melakukan kerja sama yang baik dengan civitas akademik PNUP. Permintaan Ketua Umun IKA PNUP yang baru saudara Rais Petta Paladang agar disediakan kantor di kampus kita sudah penuhi. Penyediaan sekretariat ini juga kita sangat harapkan untuk mempekuat sinergi,” terangnya.

“Lihatkan UGM (Universitas Gadja Mada), lihatlah UI (Universitas Indonesia) yang jadi barometer perguruan tinggi di Indonesia. Mereka bagus karena keberadaan IKA, sebab tidak ada perguruan tinggi mampu berkembang tanpa dukungan IKA. Bahkan, kita patut mencontoh Unhas (Universitas Hasanuddin), banyak mendapatkan bantuan pendidikan karena Ketua IKA-nya adalah Pak HM Jusuf Kalla. Harapan saya, Ketua Umum IKA PNUP juga dapat berperan aktif dalam memajukan kampus kita tercinta,” tambahnya.

Sementara, Ketua Umum IKA PNUP, Rais Petta Paladang, mengatakan, peran IKA akan lebih dimaksimalkan dalam menunjang kemajuan PNUP.

“Insya Allah, karena sudah ada ruangan kantor disiapkan untuk IKA, maka IKA akan berkantor di kampus. Ini untuk lebih dekat dengan kampus dan melihat apa kebutuhan serta pembenahan yang harus dilakukan,” jelasnya.

Rais mengatakan, IKA juga akan memperkuat sinergi dengan pengurus IKA wilayah yang ada. Termasuk dengan IKA Jurusan yang ada. Hal ini untuk membantu mahasiswa yang baru lulus.

“Seperti IKA PNUP Wilayah Jabodetabek, IKA PNUP Wilayah Batam, dan lainnya. Kita akan melakukan database alumni secara online. Ini akan sangat membantu adek-adek kita untuk mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

Pada wisuda kali ini, Rais Petta Paladang Ketua Umun IKA PNUP didaulat melakukan pengukuhan kepada lulusan terbaik mewakili para mahasiswa yang diwisuda.
Rais memasangkan jas dan pin satu per satu kepada para perwakilan wisudawan. (***)

Pos terkait