Pjs Bupati Selayar Ikut Peringatan Hari Jadi ke-351 Sulsel, Jeruk Selayar Dapat Atensi

  • Whatsapp
Pjs Bupati Selayar Ikut Peringatan Hari Jadi ke-351 Sulsel, Jeruk Selayar Dapat Atensi

Pjs Bupati Selayar Ikut Peringatan Hari Jadi ke-351 Sulsel, Jeruk Selayar Dapat Atensi

SELAYAR.UPEKS.co.id— Pjs. Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., mengikuti  peringatan Hari jadi ke-351 Sulawesi Selatan secara virtual di Ruang Vicon Kantor Bupati Kepulauan Selayar,  Senin (19/10/2020).

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Jadi ke-351 Sulsel dilaksanakan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Provinsi Sulsel.  Peringatan mengangkat tema “Mengembalikan Kejayaan Komoditas Unggulan Sulawesi Selatan yang Berdaya  Saing Tinggi”.

Turut dalam rapat tersebut Ketua DPRD Mappatunru, S. Pd., Sekretaris Daerah Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.  Si.,Dandim 1415, dan Kapolres Kepulauan Selayar.

Pjs Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., dalam wawancaranya menyebut, perayaan tahun ini memang begitu berbeda karena dilaksanakan secara virtual.

Kita berharap Kepulauan Selayar menjadi bagian pada tema yang diusung oleh Provinsi Sulsel. Kalau berbicara  komoditas, dimana-mana Gubernur selalu menyampaikan bahwa yang akan dikembalikan adalah kejayaan jeruk  keprok Selayar.

Oleh karena itu, kita berharap melalui satu tahun kerja teknis pertanian dapat segera mengampanyekan kepada seluruh komunitas pertanian yang ada di Kepualuan Selayar untuk mendukung rencana Pemprov untuk bersinergi  dengan Kabupaten Kepulauan Selayar membumikan komoditas unggulan Selayar khususnya jeruk keprok Selayar,” papar Asriady Sulaiman.

Seluruh masyarakat juga diharapkan untuk mendukung rencana besar mengembalikan kejayaan jeruk keprok  Selayar agar dapat bersaing dengan komoditas yang masuk di Kepulauan Selayar. Belum lama ini Asriady Sulaiman meminta agar bidang aset mendata areal atau lahan Pemda Selayar yang dapat digunakan untuk  perluasan kawasan percontohan tanaman komoditas unggulan agar nanti ketika Pemprov mendukung itu,
lahannya sudah siap.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar pembangunan infrastruktur pelayanan
publik terus berjalan walaupun di tengah pandemi Covid-19 .

Untuk mengakselerasi percepatan pemulihan ekonomi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus mengoptimalkan dan mengajak agar sektor swasta turut ambil bagian dalam masalah ini.

Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota telah berkomitmen untuk menjadikan Sulawesi Selatan ini menjadi daerah yang ramah invetasi, proses perijinan hingga proses konstruksi akan terus disupport dan difasilitasi  sehingga berbagai potensi masalah dalam hal pelaksanaan investasi akan diminimalkan dengan pola kolaborasi  ini. Pemerintah Daerah akan memberikan garansi bagi para investor dalam hal pengembangan investasi di
Sulawesi Selatan.

Dimomentum hari jadi Sulsel Ke-351 ini pula, mencoba merefleksikan kembali berbagai produk masyarakat Sulsel yang telah menjadi icon dan kebangaan.

Oleh karena itu kemasan hari jadi Sulsel   yang ke-351 ini mengusung dengan tema mengembalikan kejayaan komoditas unggulan Sulawesi Selatan yang  berdaya saing tinggi.

Beberapa hari yang lalu, Pemerintah Provinsi Sulsel juga mendapatkan apresiasi penghargaan dalam  bentuk award 2020 bidang pengembangan infrastruktur di daerah terpencil.

“Hal tersebut, menjadi kewajiban kita semua untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.  Untuk itu, tahun 2020 ini dan kedepan kami akan bergerak ke Pulau-Pulau untuk memberikan sentuhan  pembangunan minimal penyediaan sarana dan infrastruktur transportasi, penyediaan sarana air bersih dan
penyediaan jaringan listrik,” sebutnya.

Tiga hal tersebut menjadi permasalahan mendasar bagi warga yang ada di pulau untuk selanjutnya diberikan  sentuhan untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat pulau. Secara sederhana bahwa dikemukan bahwa potensi  yang ada dipulau masih sangat virgin sebagian besar belum tersentuh dengan maksimal.

“Saat ini dalam proses pengajuan ke dewan KEK nasional untuk menjadikan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi  Khusus Pariwisata sebagai icon pulau terbesar di Sulsel. Untuk selanjutnya secara bertahap kita akan koneksikan dengan berbagai pulau yang ada di Sulawesi Selatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Nurdin Abdullah atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan beberapa Kado Hari Jadi antara lain Rest Area di Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Sidrap serta Kado Subsidi Transportasi Udara untuk jalur ke  Bandara Buntu Kunik Toraja, Bandara Bua Luwu dan Bandara H. Aroepala Selayar. (Sya)

Pos terkait