OTOMOTIF

Pemerintah Kota Parepare Dorong Peningkatan Kualitas Program JKN-KIS

Pemerintah Kota Parepare Dorong Peningkatan Kualitas Program JKN-KIS

Parepare, Upeks.co.id – Guna mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kota Parepare melaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Tahap II Tahun 2020, Kamis (03/09).

Pemerintah Kota Parepare yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sangat penting meskipun masih terdapat berbagai permasalahan yang perlu diperbaiki. Ia juga berharap agar dapat dilakukan monitoring pencapaian terkait hasil pelaksanaan Forum Komunikasi di tahap pertama sebelumnya.

“Tidak bisa dipungkiri banyak tantangan yang kita hadapi di lapangan salah satunya permasalahan iuran. Kami selaku Pemerintah Kota akan terus berupaya agar seluruh masarakat di Kota Parepare dapat terdaftar sebagai perserta JKN-KIS untuk mendukung terciptanya Universal Health coverage (UHC),” ungkap Iwan.

Dalam paparannya, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Parepare Muhammad Aras menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam mengantisipasi permasalahan-permasalah yang timbul dalam pelaksanaan Program JKN-KIS adalah dengan menyediakan Program Relaksasi Iuran atau keringanan pembayaran tunggakan iuran bagi peserta JKN-KIS.

“Sebagai wujud tanggap masa pandemi Covid-19, pemerintah melalui BPJS Kesehatan menyediakan Program Relaksasi Iuran bagi peserta yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan untuk melakukan pembayaran dengan sistem cicilan. Periode pendaftaran program ini dibuka sampai dengan bulan desember 2020, dan peserta dapat melakukan pembayaran cicilan tunggakannya hingga lunas hingga desember 2021,” jelas Aras.

Aras juga menyampaikan menyampaikan terkait jumlah peserta JKN-KIS Kota Parepare yakni sebanyak 134.643 jiwa dari jumlah penduduk 154.853 jiwa atau sebesar 86.95% dari total penduduk setempat. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top