Panwaslu Sabbang Gelar Tes Wawancara Calon PTPS

  • Whatsapp
Panwaslu Sabbang Gelar Tes Wawancara Calon PTPS

Panwaslu Sabbang Gelar Tes Wawancara Calon PTPS

LUTRA, UPEKS.co.id — Dalam rangka menghadapi pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada  pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Panitia Pengawas Pemilu Umum (Panwaslu) Kecamatan Sabbang Kabupaten  Luwu Utara (Lutra) melakukan tes wawancara terhadap calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)  yang lulus seleksi administrasi.

Bacaan Lainnya

Tes wawancara tersebut berlangsung di Sekretariat Panwascam/Panwaslu Sabbang Kelurahan Marobo, Selasa
(6/10/2020).

Menurut Ketua Pokja Pembentukan Pengawas TPS, Mukhlis, S.M yang juga Ketua Komisioner Panwaslu  Kecamatan Sabbang, tes wawancara ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil  Bupati yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam hal pembentukan Pengawas TPS, Panwaslu Sabbang melaksanakan tahapan melalui penjaringan calon,  penerimaan berkas pendaftaran, penelitian administrasi pendaftaran, tes wawancara, dan penetapan calon  terpilih, ujarnya.

Semua tahapan ini disesuaikan dengan aturan yang ada, berdasarkan Keputusan Ketua Badan Pengawas  Pemilihan Umum Republim Indonesia (Bawaslu RI) Nomor: 0329(K.BAWASLU/HK.01.00/IX/2020 Tentang
lelaksanaan pembentukan pengawas TPS dalam pemilihan 2020, tandasnya.

Sekitar 8 peserta yang mengikuti tes wawancara pada hari ke empat (6/10) terdiri dari 4 perempuan dan 4 laki-laki.  Jumlah PTPS yang akan diterima sebanyak 39 orang sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kecamatan  Sabbang.

Adapun materi wawancara meliputi pengetahuan tentang kepemiluan, integritas, komitmen kerja penuh waktu dan
pengetahuan, penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, tugas dan wewenang Pengawas TPS, serta  peraturan perundang-undangan mengenai pemilu, Integritas diri dan komitmen, Kualitas pengetahuan kepemiluan.

Hasil tes wawancara akan diumumkan pada tanggal 11 November dan pelantikan tanggal 16 November 2020.

Pengawas TPS yang dinyatakan lulus dan telah dilantik, akan bertugas membantu Panwaslu Kecamatan bersama  Panwas Kelurahan/Desa (PKD) dalam pelaksanaan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati, tanggal 9 Desember 2020.

Turut jadi pewawancara, Ketua Komisioner Panwaslu Kecamatan Sabbang, Mukhlis dan Divisi Hukum  Penanganan dan Penyelesaian Sengketa, Yudi Sugiarto, Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan  Hubungan Lembaga, Hasirun Halsan.(yustus)

Pos terkait