PANDAWA, Alternatif Layanan Baru BPJS Kesehatan Tanpa Tatap Muka

  • Whatsapp
PANDAWA, Alternatif Layanan Baru BPJS Kesehatan Tanpa Tatap Muka

PANDAWA, Alternatif Layanan Baru BPJS Kesehatan Tanpa Tatap Muka

Makassar, Upeks.co.id — BPJS Kesehatan Cabang Makassar kembali memperkenalkan program pelayanan administrasi melalui WhatsApp atau dikenal dengan sebutan PANDAWA. Program PANDAWA ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat yang ingin mengakses layanan BPJS Kesehatan tanpa perlu datang di kantor cabang.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar Ridjal Mursalim menjelaskan bahwa program PANDAWA ini hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan administrasi BPJS Kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“PANDAWA ini merupakan salah satu layanan alternatif kami yang dapat memudahkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS, apalagi saat ini hampir semua kalangan mempunyai media sosial WhatsApp (WA). Jadi dengan layanan PANDAWA yang tanpa tatap muka ini kami harapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19,” ungkap Ridjal.

Ridjal juga menambahkan adapun layanan administrasi yang dapat dilayani melalui PANDAWA antara lain daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

“Semua layanan itu bisa diakses masyarakat melalui nomor WA di 082190825559. Jadi prosesnya cukup mudah kita hanya mengirimkan teks seperti biasa di nomor WA tersebut tunggu sampai petugas kami memberikan balasan dan terjadi percakapan serta arahan selanjutnya dari petugas kami. Layanan ini hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja mulai dari pukul 8 pagi sampai jam 3 sore,” jelas Ridjal.

Sementara itu, Nurul Annisa, seorang dokter umum yang bekerja di salah satu klinik di Kota Makassar, mengatakan ia telah mencoba layanan PANDAWA. Menurutnya layanan PANDAWA ini sangat memudahkannya dan sangat cepat respon.

“Jujur awalnya agak ragu apa bisa keperluan saya dilayani atau tidak, ternyata bisa dan sangat mudah, fast respon lagi. Menurut saya sangat membantu sekali, terlebih saat ini kita harus mengurangi tatap muka secara langsung dengan orang lain. Inovasi yang sangat baik, bravo BPJS Kesehatan,” ungkap Nurul.

Selain PANDAWA, beberapa aplikasi yang ditawarkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS adalah aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (Chika) dan Voice Interaktive JKN (Vika), dan saat ini BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga menghadirkan layanan cepat dengan mengakses link layanan cepat di https://s.id/pcepat. (Jamkesnews)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *