Kasus OTG Jadi Perhatian Dinkes Makassar

  • Whatsapp
Kasus OTG Jadi Perhatian Dinkes Makassar

 

 

Bacaan Lainnya

Makassar, Upeks.co.id — Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar memberikan perhatian khusus bagi kasus positif Covid 19 yang masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Langkah tersebut diambil menyusul tingginya persentase kasus positif yang berasal dari kategori OTG. Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, OTG yang terkonfirmasi positif mencapai 80 persen.

“Banyak kasus tak bergejala. Sebanyak 80 persen merupakan kasus OTG,” beber Naisyah.

Dimana, kasus positif Covid19 di kota Makassar yang terkonfirmasi mencapai 1.665 kasus sejauh ini. Dan 80 persen diantaranya dinyatakan kategori OTG.

Dari data yang dirilis kasus Asimptomatik atau orang yang tak bergejala sebanyak 1.214 orang dan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Sementara untuk Simptomatik sebanyak 451 orang dan mereka dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Makassar.

Karena itu, Naisyah menekankan pentingnya melakukan pemantauan pada kasus OTG. Pasalnya, ada beberapa kasus OTG yang mengalami tingkat kritis yang parah. Termasuk bisa menyebabkan kasus kematian.

“Kadang juga ada yang punya tidak punya gejala, tiba-tiba kondisinya kritis, dibawa ke RS, ternyata penuh mi paru-parunya virus. Makanya itu yang kadang tidak terselamatkan,” tutur Naisyah.

Orang yang tanpa gejala disebut penting untuk terus dideteksi guna menekan kasus penyebaran virus Covid-19 di Makassar. Bahkan pihaknya akan terus melakukan tes swab untuk mendeteksi kasus Covid-19 yang tak bergejala.

Diketahui, di sembilan kecamatan Kota Makassar baru-baru ini digelar swab tes massal. Dari 3.670 warga yang terlibat dalam swab tes tersebut, 121 orang diantaranya dinyatakan positif Covid-19.(rul)

Pos terkait