JKN-KIS Hadirkan Pelayanan Kesehatan Terjangkau bagi Masyarakat Desa

  • Whatsapp
JKN-KIS Hadirkan Pelayanan Kesehatan Terjangkau bagi Masyarakat Desa
Narasumber : Juhra Nurmawati (25)
JKN-KIS Hadirkan Pelayanan Kesehatan Terjangkau bagi Masyarakat Desa
Narasumber : Juhra Nurmawati (25)

Muna Barat, Upeks.co.id – Juhra Nurmawati (25), salah satu tenaga kesehatan program Nusantara Sehat yang bertugas di Puskesmas Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, mengatakan bahwa Program JKN-KIS memegang peranan yang sangat penting dalam pemberian pelayanan kesehatan di masyarakat, khususnya di Kecamatan Tiworo Tengah tempatnya mengabdi.

Selama kurang lebih satu setengah tahun sebagai tenaga kesehatan program Nusantara Sehat, Juhra mendapati bahwa hampir seluruh masyarakat ditempatnya bertugas mengandalkan kartu JKN-KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Program JKN-KIS bukan hanya untuk masyarakat di perkotaan, tetapi juga sangat dirasakan oleh masyarakat di daerah.

Bacaan Lainnya

“Selama bertugas di Puskesmas Tiworo Tengah, saya melihat bahwa mayoritas masyarakat menggunakan kartu JKN-KIS dalam berobat. Hampir setiap hari masyarakat ada yang datang dengan keluhan yang bermacam-macam. Kami memang rutin memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat jika ada yang sakit agar dapat berobat di Puskesmas,” ujarnya.

Juhra menambahkan bahwa mayoritas masyarakat yang datang berobat berasal dari peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) baik dari Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah. Dirinya pun berharap agar saat ini peningkatan infrastruktur di Puskesmas dapat lebih ditingkatkan. Menurutnya jika Puskesmas memiliki sarana prasarana dan sdm yang baik pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal.

“Saat ini sarana dan prasarana di Puskesmas kalau dibandingkan dengan dulu sudah cukup baik, meskipun begitu tentu masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan. Begitupun dengan ketersediaan tenaga kesehatan yang masih belum merata. Saya rasa kalau kedua hal tersebut telah terpenuhi, Puskesmas sebagai garda terdepan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat menjalankan fungsinya dengan lebih optimal,” tambahnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sakit, Juhra dan petugas Puskesmas Tiworo Tengah lainnya aktif dalam melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta screening.

“Upaya mencegah datangnya penyakit melalui prilaku hidup bersih dan sehat harus ditanamkan kepada masyarakat. Karena seperti kata orang-orang bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati,” Tutupnya. (Jamkesnews)

Pos terkait