PARIWARA

Jika Tanpa JKN-KIS, Jutaan Rupiah Melayang untuk Berobat

Jika Tanpa JKN-KIS, Jutaan Rupiah Melayang untuk Berobat

Narasumber : Riski Aulia

Makassar, Upeks.co.id — Suatu anugerah bagi Riski Aulia (23) karena telah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2015. Menurutnya, berkat terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia sekeluarga tidak lagi merasa khawatir jika mendadak harus berobat di fasilitas kesehatan. Saat ditemui tim Jamkesnews di salah satu rumah sakit Kota Makassar, Riski yang tengah menunggu antrean menceritakan seluruh pengalamannya memanfaatkan kartu JKN-KIS.

“Tidak bisa mi saya bayangkan kalau tidak pakai kartu JKN-KIS, pasti berjuta-juta mi yang saya bayarkan karena sering sekali mi saya pakai ini kartu. Mulai dari waktu saya melahirkan, operasi gigi, sakit-sakit ringan sampe pengobatan yang sekarang (gondok),” cerita Riski dengan logat khas Makassarnya, Rabu (22/07) .

Ibu dari dua anak kembar ini juga menceritakan bahwa selama memanfaatkan kartu JKN-KIS, ia tidak pernah dimintai biaya sepeser pun dan pelayanan yang didapatkannya di fasilitas kesehatan juga sangat baik. Ia juga mengapresiasi kesigapan para tenaga medis di fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan dengan baik tanpa membeda-bedakannya dengan pasien yang membayar dengan biaya sendiri.

“Bagus sekali ji pelayanannya, waktu saya melahirkan anak kembar saya itu dioperasi caesar ka, bayangkan itu kalau tidak pake kartu JKN-KIS pasti mahal sekali yang saya bayar. Sekarang ini juga saya lagi rutin obati gondok yang semakin membesar, tapi selama rawat jalan ini tidak ada juga biaya yang saya keluarkan. Kemarin habis periksa darah, konsul dan lain-lain tidak ada juga saya bayar,” ujar Riski.

Riski berharap kelak jika memang penyakit gondoknya harus dioperasi, tidak ada biaya yang mesti ia keluarkan lagi. Penyakit gondok yang diderita Riski belakangan ini memang menurutnya semakin membesar dan membuatnya sulit bernapas sehingga besar kemungkinan dirinya akan menjalani tindakan operasi. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top