Diguyur Hujan Deras Selama Beberapa Hari, Jalan Poros Masalle-Baroko Amblas

  • Whatsapp
Diguyur Hujan Deras Selama Beberapa Hari, Jalan Poros Masalle-Baroko Amblas

ENREKANG, UPEKS.co.id — Jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Baroko dan Kecamatan Masalle amblas, padahal ini adalah satu-satunya akses terdekat bagi Masyarakat Masalle menuju ke Kecamatan Baroko, Alla dan menuju ke Pasar Agro bagi para petani yang ingin menjual hasil kebunnya. Jalan putus sedalam 1,5 meter ini terjadi di Dusun Kira, Desa Batu Ke’de, Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Insiden ini terjadi sekitar pukul 20.00 waktu setempat, Rabu malam (7/10/2020)

Sekcam Masalle, Nurdin,S. Com mengatakan selama beberapa hari ini hujan deras mengguyur daerah tersebut hingga menyebabkan jalan itu amblas sepanjang lima meter. Akibatnya jalan sama sekali tak bisa dilalui kendaraan roda dua terlebih roda empat.

Bacaan Lainnya

” Hujan deras dan intens selama beberapa hari. Apalagi ini jalan memang sudah lama retak-retak tapi selama ini masih bisa dilalui. Sekarang jalan putus sama sekali dan amblas sedalam 1 setengah meter dan anjlok seluas jalan ini kira-kira empat meter”. Kata Nurdin saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (8/10/2020).

Untuk tidak menghambat arus lalu lintas saat ini satu-satunya akses yang dapat dilalui Masyarakat  Masalle menuju ke Baroko dan Alla adalah daerah Tagaling tembus Buntu Ampang di Desa Baroko.

” Tapi jalan ini sangat sempit dan sangat sulit dilalui kendaraan besar. Untuk itu saya sudah berkoordinasi dengan Kades agar supaya segera melaporkan kondisi ini ke Pak Bupati agar jalan alternatif itu bisa diperlebar untuk akses kendaraan roda empat Teruma mobil pengangkut sayur”. Ujarnya.

Jalan alternatif tersebut memang harus menjadi perhatian Pemerintah agar akses bagi masyarakat petani tidak terputus. Nurdin selaku Sekcam Masalle mengatakan, proses pemulihan jalan yang saat ini tak lagi bisa dilalui karena runtuh itu akan memakan waktu yang cukup lama.

” Satu-satunya akses yang bisa mereka lalui sekarang ini adalah jalan yang ada di Desa Baroko karena jalan alternatif lainnya sangat jauh. Makanya harus ada upaya pelebaran jalan dengan cara mengeruk pinggir jalan supaya agak sedikit luas”. Ujarnya.

Salah seorang warga Baroko mengatakan jalan yang saat ini amblas itu memang sudah lama rusak dan mengkhawatirkan. Namun karena tak ada jalan lain terpaksa masyarakat tetap saja lewat jalan tersebut.

” Itu jalan memang sudah lama rusak, cuma Pemerintah setempat tidak peduli. Sekarang jalan itu benari ambruk, masyarakat sudah tidak bisa lagi lewat disitu. Untung waktu kejadian tidak ada kendaraan yang sementara lewat disitu’. Kata Bapak yang enggan disebutkan identitasnya. (Sry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *