Bersalin Nyaman Cukup di Bidan Saja

  • Whatsapp
Bersalin Nyaman Cukup di Bidan Saja
Narasumber : Liyma (39)
Bersalin Nyaman Cukup di Bidan Saja
Narasumber : Liyma (39)

Baubau, Upeks.co.id – Saat ini kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa rumah sakit adalah satu-satunya tempat paling aman dan nyaman untuk melahirkan. Namun anggapan tersebut tak sepenuhnya benar karena pelayanan persalinan saat ini dapat dilakukan dengan nyaman dan aman di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Bagi peserta Program JKN-KIS, pelayanan persalinan dapat dilakukan di Puskesmas ataupun bidan jejaring yang bekerja sama dengan FKTP sesuai tempat peserta terdaftar.

Liyma Boli (39), salah seorang pegawai instansi pemerintah di Baubau, adalah salah satu peserta Program JKN-KIS yang lebih memilih bersalin di bidang jejaring dibanding di rumah sakit. Liyma pun mengakui mendapat pelayanan yang sangat baik pada persalinan anak ketiganya.

Bacaan Lainnya

“Saya percaya dengan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga bidan FKTP dalam membantu proses persalinan. Melahirkan kemarin adalah yang kedua kalinya saya memilih bidan sebagai penolong pada proses persalinan. Saya memahami betul prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta Program JKN-KIS. Olehnya itu saya sangat mantap dalam memilih FKTP sebagai tempat melahirkan. Kalaupun sekiranya nanti ada kondisi yang perlu penanganan lebih lanjut tentu akan dirujuk ke rumah sakit,” ungkap Lyma, Rabu (01/07).

Menurut Liyma, pelayanan bidan di FKTP tidak kalah dengan pelayanan di rumah sakit, apalagi tempat praktik bidan tersebut cukup dekat dengan rumahnya. Dirinya pun sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh para bidan yang membantunya selama proses persalinan. Sikap profesional, ramah, dan perhatian membuat Lyma merasa nyaman dan tenang selama proses kehamilan.

“Saya sudah sering konsultasi dengan bidan selama masa kehamilan, sehingga bidannya pun sangat paham dengan kondisi kehamilan saya,” lanjut Liyma

Liyma juga menyampaikan bagi para ibu, calon ibu ataupun keluarga yang saat ini sedang menunggu kelahiran buah hati dan berencana untuk melahirkan di FKTP tidak perlu khawatir karena semua biaya termasuk administrasi, akomodasi dan tindakan ditanggung oleh Program JKN-KIS sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. (Jamkesnews)

Pos terkait