PARIWARA

Bayar Iuran JKN-KIS Jadi Prioritas Bulanan

Bayar Iuran JKN-KIS Jadi Prioritas Bulanan

Narasumber : Sitti Hawang

Polewali, Upeks.co.id – Sitti Hawang, salah satu peserta JKN-KIS, mengungkapkan bahwa sudah sejak lama ia merasakan manfaat Program JKN-KIS. Terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas II yang iurannya dibayarkan secara mandiri setiap bulan, Sitti mengungkapkan bahwa setiap bulan dirinya selalu berusaha untuk rutin membayar iuran. Sitti menyampaikan hal tersebut ia lakukan lantaran suaminya sering mengalami gangguan kesehatan.

“Dulu sebelum terdaftar dalam Program JKN-KIS, memang sudah sering berkunjung ke Puskesmas maupun rumah sakit. Jujur kami harus mengeluarkan biaya sendiri setiap kali berobat,” kenang Sitti membuka perbincangan saat ditemui di kediamannya, Jumat (03/07).

Karena intensitas kunjungan ke Puskesmas maupun rumah sakit itulah yang membuat Sitti akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS. Sitti melanjutkan, sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dirinya tidak lagi perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan jika ia ataupun suaminya sakit karena telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Terakhir, kemarin suami saya harus masuk rumah sakit karena sakit jantung. Menurut dokter, jika seandainya tidak memiliki kartu JKN-KIS mungkin biaya yang harus saya keluarkan sangatlah besar,” ungkap Sitti.

Sitti juga mengatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pelayanan yang ia rasakan selama menggunakan kartu JKN-KIS yang ia miliki. Ia pun mengungkapkan bahwa saat ini membayar iuran JKN-KIS merupakan salah satu prioritasnya setiap bulan.

“Saya tekankan pada diri saya sendiri, jangan telat sekali pun bayar JKN-KIS. Itu harus jadi prioritas utama, sama seperti bayar listrik, air, beli beras, dan sebagainya. Walaupun saya tidak memiliki penghasilan yang besar namun kesehatan merupakan prioritas utama karena jika kita sakit maka segala aktivitas yang kita akan lakukan segalanya akan terganggu. Alhamdulillah, JKN-KIS sangat meringankan dalam hal pembiayaan pelayanan rumah sakit,” katanya. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top