Appi Janjikan Rumah Sakit Tanpa Kelas, Warga Sambung Jawa: Cocoki

  • Whatsapp
Appi Janjikan Rumah Sakit Tanpa Kelas, Warga Sambung Jawa: Cocoki

 

MAKASSAR, Upeks.co.id- Program rumah sakit tanpa kelas. Salah satu program unggulan calon Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin. Program ini ternyata direspon positif warga Makassar.

Bacaan Lainnya

Termasuk warga Jl Tanjung Bunga, Kelurahan Sambung Jawa, Mamajang. Respon itu terlihat saat Appi, sapaannya, kampanye dialog di lokasi ini, Selasa (6/10/2020) sore.

Rumah sakit tanpa kelas, kata Appi, calon wali kota nomor urut dua itu, akan menjadi solusi atasi kesulitan warga. Utamanya mereka yang peserta BPJS kesehatan kelas III.

Selama ini Appi mendapat banyak keluhan mengenai pelayanan BPJS Kelas III yang kurang memadai di rumah sakit-rumah sakit yang ada sekarang.

Hal yang paling sering terjadi kamar-kamar perawatan untuk kelas III penuh di rumah sakit. Warga pun terpaksa memilih kelas II atau kelas I dengan harus mengeluarkan biaya tambahan.

“Makanya rumah sakit yang akan dibangun tanpa kelas, supaya yang punya kartu-kartu kelas III itu bisa dilayani tanpa ada syarat-syarat tambahan lagi.

Tak hanya itu dalam beberapa kesempatan Appi menjabarkan bahwa nantinya rumah sakit ini hanya menyediakan satu kelas, yakni kamar kelas tiga dengan fasilitas melebihi standar kelas tiga pada umumnya. Appi menyebutnya dengan istilah kelas tiga plus.

Lebih lanjut CEO PSM Makassar ini menyebutkan, pembangunan di bidang kesehatan juga tidak parsial, melainkan dilakukan secara holistik dan komprehensif.

Karenanya tindakan preventif atau pencegahan penyakit akan lebih diutamakan melalui edukasi masyarakat dan kebijakan lingkungan.

Di setiap kelurahan akan disiapkan minimal dua dokter yang bersiaga on call.

“Untuk menjemput warga sakit agar tidak terabaikan di rumah. Begitupun setelah keluar dari RS, mesti dikunjungi untuk memastikan telah benar-benar sehat,” katanya.

Ketua RT 03 RW 03 Kelurahan Sambung Jawa, Burhan Jamal, menyatakan, program tersebut harus disegerakan. Menurut dia, masalah pelayanan kesehatan utamanya masyarakat yang hanya memiliki BPJS kelas III selalu mengalami kesulitan pelayanan.

“Ini program yang sangat bagus dan kami akan dukung, semoga Pak Appi bisa terpilih supaya bisa segera hadir,” tuturnya.(*)

Pos terkait