Alihkan Layanan Konvensional ke Digital, BPJS Kesehatan Pastikan Pelayanan Tetap Optimal

  • Whatsapp
Alihkan Layanan Konvensional ke Digital, BPJS Kesehatan Pastikan Pelayanan Tetap Optimal
Narasumber : Reza (22)
Alihkan Layanan Konvensional ke Digital, BPJS Kesehatan Pastikan Pelayanan Tetap Optimal
Narasumber : Reza (22)

Baubau, Upeks.co.id – Dalam upaya memberikan perlindungan terhadap masyarakat dari potensi penularan Covid-19 di lingkungan kantor, BPJS Kesehatan melakukan inovasi dengan mengutamakan pelayanan berbasis digital alih-alih layanan konvensional, seperti pengurusan administrasi di kantor cabang yang kini dapat dilakukan cukup melalui gawai.

“Selama ini sebagian besar masyarakat Indonesia yang merupakan peserta Program JKN-KIS telah familiar dengan beberapa kanal layanan BPJS Kesehatan, sebut saja aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, serta Chat Asistant JKN (Chika),” jelas Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Ridwansyah, Senin (28/09).

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan untuk semakin memudahkan peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, kini telah hadir layanan terbaru yakni Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp atau yang disingkat PANDAWA.

“Dengan adanya beberapa kanal layanan berbasis online yang telah disediakan BPJS Kesehatan, pelayanan tatap muka di kantor cabang dan kantor kabupaten terbatas pada segmen peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran), peserta mandiri kelas 3, serta Bukan Pekerja kelas 3.” tambahnya.

Untuk pelayanan administrasi melalui PANDAWA di Kantor Cabang Baubau yaitu melalui nomor 082114983640. Sementara format penulisan pesan melalui PANDAWA yaitu dengan menyampaikan nama pelapor, nama peserta yang akan mengurus administrasi layanan, nomor kartu JKN-KIS atau Nomor KTP, nomor handphone dan kode klasifikasi layanan. Selanjutnya peserta akan dihubungi dan dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan sesuai dengan kebutuhan administrasi yang dibutuhkan.

Reza (22), salah satu peserta yang telah memanfaatkan layanan melalui PANDAWA Kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau, mengakui bahwa petugas PANDAWA merespon kebutuhan peserta dengan cepat. Ia pun mengapresiasi karena meskipun pelayanan tidak dilaksanakan dengan tatap muka tetapi kualitas layanan yang diberikan tidak berkurang.

“Saya menggunakan PANDAWA untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS Kesehatan yang kemarin sempat non aktif karena umur saya yang telah 22 tahun namun masih aktif kuliah, karena saya anak PNS. Petugasnya merespon dengan cepat dan kartu saya langsung aktif. Saya rasa tidak ada penurunan kualitas pelayanan meskipun tidak dilaksanakan melalui tatap muka. Ini juga sangat memudahkan dan lebih aman dari potensi penularan virus corona jika dibandingkan dengan pengurusan melalui kontak langsung,” pungkasnya. (Jamkesnews.com)

Pos terkait