Wagub Sulsel Minta IPIM Siapkan Pemimpin Masa Depan

  • Whatsapp
Wagub Sulsel Minta IPIM Siapkan Pemimpin Masa Depan

Wagub Sulsel Minta IPIM Siapkan Pemimpin Masa Depan

MAKASSAR.UPEKS.coid—Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menaruh harapan besar kepada  Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulsel agar apat mempersiapkan munculnya pemimpin masa depan yang  berkarakter dan istiqamah dalam menjalankan ajaran Islam.

Bacaan Lainnya

Sosok pemimpin ini hanya bisa dimunculkan dari kalangan yang selama ini hati dan pikirannya selalu tergantung  pada masjid.

Permintaan itu dikemukakan saat silaturrahmi dengan pengurus IPIM Sulsel yang dipimpin Ketua Umum H.  Masykur Yusuf, S.Ag,M.Ag. didampingi Dr. K.H. Muammar Bakri Kadir, LC,MA. yang juga Imam Besar Masjid Al  Markaz Al Islami, Muh. Syakir Syam,S.Th.I,M.Th.I. (Imam Masjid Besar Asyura), H. Misbahuddin, S.IQ,M.Ag., dan  H. Syahrir Nur, Kamis di Rujab Wagub Jalan Yusuf Dg. Ngawing Makassar, Kamis (10/09/20) malam.

Kunjungan silaturrahmi pengurus IPIM Sulsel tersebut dilakukan dalam rangkaian Milad I yang baru saja usai  dipusatkan di Masjid Raya Makassar ditandai dengan pelantikan pengurus daerah IPIM pada 24 kabupaten/kota  se-Sulsel secara virtual. Sebelum diterima Wagub, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah berkenan menerima
pengurus bahkan melakukan pelantikan langsung PW IPIM.

Menurut Wagub, organisasi imam masjid ini sangat perlu mendapat perhatian dan dukungan sepenuhnya oleh  pemerintah daerah karena mereka yang jadi pengurus IPIM adalah orang-orang yang selama ini tugasnya  semata-mata mengurus masjid tanpa dibebani dengan kepentingan duniawi, termasuk kepentingan politik.

Mereka hanya tahunya memimpin jamaah setiap tiba waktu shalat lima waktu, tidak terpengaruh dengan urusan  apa pun bentuknya, karena begitu adzan dikomandangkan mereka langsung tinggalkan tempat dan langsung  menuju masjid.

“Imam masjid itu betul-betul tugas mulia, tidak ada kepentingan disana. Makanya, saya sangat merespon dan  mendukung sepenuhnya semua kegiatan IPIM dalam rangka lebih memberdayakan lagi dalam mengurus ummat di  masjid. Mereka betul-betul pikirannya konsentrasi di masjid sebagai imam dan tugas dan tanggung jawabnya tidak  mudah, bahkan tidak semua orang mampu menjalaninya,” ungkap Andi Sudirman.

Diakui Andi Sudirman, bahwa jika kita ingin melahirkan pemimpin masa depan yang betul-betul dekat dengan  ummat, mengerti perasaan masyarakat yang dipimpin, maka sudah saatnya dipikirkan pemimpin itu sebaiknya  orang-orang yang dekat dengan masjid.

“Dalam arti mereka selama ini mengurus masjid dan memang hatinya selalu tergantung pada masjid, bukan orang  yang nanti dekat-dekat pilkada baru mendatangi masjid,” kata Wagub sedikit bergurau.

Wagub mengakui, menjadi pemimpin atau pejabat pemerintahan saat ini memang cukup berat karena berbagai  kepentingan di dalamnya, terutama kepentingan politik yang sarat dengan deal-deal dan negosiasi. “Tapi kalau kita  berhasil melahirkan pemimpin dari masjid tentu jauh dari kepentingan diluar kebutuhan ummat,” tambahnya.

Ketua Umum PW IPIM H. Masykur Yusuf, S.Ag,M.Ag. menjelaskan bahwa tujuan silaturrahmi seusai peringatan  Milad I dan pelantikan 24 PD IPIM adalah terkait dengan program kerja yang segera direalisasikan, terutama di  dalam meningkatkan kemampuan individu dan pemberdayaan imam masjid yang keanggotaannya semua masjid di  daerah ini.

Masykur Yusuf menyebutkan salah satu program yang sangat mendesak bagi imam masjid adalah peningkatan  kemampuan tartil qur’an, kemampuan menghapal surah, dan peningkatan kemampuan ilmu agama, terutama  terkait dengan ibadah shalat, puasa, zakat, warisan, dan pengetahuan lainnya sehingga posisi imam masjid betul-  betul mampu menjadi tempat bertanya bagi anggota jamaah khusunya dan warga masyarakat pada umumnya.
(rls).

Pos terkait