UKM Pramuka UNM Lounching PHP2D

  • Whatsapp
UKM Pramuka UNM Lounching PHP2D

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Unit Kegiatan Mahasiswa UNM Makasar Lounching Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) UKM Pramuka UNM.

Lounching PHP2D Rabu 16 September 2020 berlangsung di kantor  Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep)

Bacaan Lainnya

Kegiatan launching ini dihadiri oleh kakak-kakak anggota, purna dan pembina serta aparat desa Tompobulu dan masyarakat petani aren yang berjumlah 10 orang.

Kak Dr. Irfan, M.Ds. selaku Pembina Racana Ranggong Dg. Romo sekaligus Dosen Pendamping PHP2D turut hadir mendampingi dan memberikan sambutan pembuka pada acara launching ini.

Pada acara , Launching kegiatan resmi dibuka oleh kepala Desa Tompobulu, Nawir, S.P., M.M. setelah menyampaikan sambutannya.

Kepala Desa Tompo Bulu Nawir mengatakan  sangat  merasa senang dan berterima kasih karena UKM Pramuka UNM memilih desa Tompobulu sebagai desa sasaran PHP2D.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih, karena telah menjadikan desa ini, Desa Tompobulu sebagai desa terpilih dalam pelaksanaan PHPD UKM Pramuka UNM,”ujarnya.

Selain itu, acara launching ini dirangkaikan dengan penandatanganan MoU Program Bina Desa UKM Pramuka UNM oleh Kepala Desa Tompobulu,juga dilakukan  penyematan rompi kepada kepala desa dan penyerahan baju kegiatan PHP2D, topi, masker serta handsanitizer kepada masyakarat petani aren.

Dengan Launchingnya PHP2D di Desa Tompobulu, semoga diberikan kemudahan dalam melaksanakan program selanjutnya dan membawa perubahan bagi masyarakat petani aren di desa tersebut.

“Desa tompobulu di jadikan sebagai tempat pelaksana kegiatan karena memiliki keunggulan diantaranya keindahan alam dan sumber daya gula aren yang juga menjadi tujuan utama kegiatan ini.’Dr Irfan selalu Pembana Racana Ranggong Dg Romo.

Sesuai tema kegiatan ini yakni Terwujudnya mahasiswa yang berdaya saing melalui kolaborasi dalam Pengembangan masyarakat di Era Industri 4.0. UKM Pramuka UNM kemudian mengangkat judul Pemberdayaan Gula aren di Desa Tompobulu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam Optimalisasi Potensi Gula Aren menjadi Komoditas Ekonomi Digital.

“Kegiatan PHP2D ini sangat kami apresiasi karena bisa memberdayakan komunitas atau masyarakat yang ada di sekitar tempat melakukan kegiatan. Disamping itu juga menambah pengetahuan dan keterampilan yang tentu kedepannya bisa memberdayakan masyarakat.” Tutur Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan Sukardi Weda.

Sementara Kak Irfan selaku dosen pendamping berharap Setelah pelaksanaan pembukaan ini, kegiatan selanjutnya bisa terlaksana dengan baik sampai pada tahap evaluasi.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar sampai tahap akhir dan kita bisa mencapai tujuan bersama baik oleh pihak desa maupun tim pelaksana kegiatan ini” tuturnya.

Ketua tim kak Alfira Sandika Fitri juga berharap agar tetap bisa menjaga kekompakan hingga akhir. ” Saya sangat senang akhirnya Launching (Pembukaan) kegiatan ini bisa kita laksanakan dan berjalan lancar, harapan saya semoga kita tetap menjaga kekompakan karena suksesnya kegiatan ini berasal dari tim yang tak kenal lelah”.tuturnya.

Lounchin dan pembukaan PHP2D didampingi oleh dosen pendamping yang merupakan pembina racana Ranggong Dg. Romo kak Dr. Irfan. M.Ds.  selain itu hadir pula pembina Racana Opu Dg. Risadju kak Marwanting S.Pd.,M.Pd berserta Narasumber ahli Racana Opu Dg Risadju Kak Nurhayati S.Pd.,M.Pd. dan hadir pula kakak Pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg Risadju dalam hal ini kak Muhammad Fajar Islam S.Pd dan Kak Sumiati Patimari S.Pd M.Pd.(Jahar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *