PARIWARA

Semangat Mustakim, Pastikan KIS Terdistribusi Di Tengah Pandemi

Semangat Mustakim, Pastikan KIS Terdistribusi Di Tengah Pandemi

Narasumber : Mustakim

Bantaeng, Upeks.co.id – Kecemasan dan ketakutan yang tengah melanda masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini, tidak menyurutkan langkah dan semangat Mustakin (48) dalam mendistribusikan Kartu Indonesia Sehat. Dengan mengenakan rompi, tas selempang, serta tidak lupa mengenakan masker, dengan antusias ia berkeliling dari rumah ke rumah menggunakan sepeda motornya. Tidak jarang ia harus menyusuri pematang sawah dan lorong sempit di perkampungan padat penduduk untuk memastikan bahwa KIS yang ia bawa sampai di tangan orang yang tepat.

Begitulah gambaran petugas distribusi KIS di wilayah kerja Kantor Kabupaten Bantaeng yang ia ceritakan kepada Tim Jamkesnews. Lebih lanjut ia pun menceritakan pengalamannya selama melaksanakan pekerjaan.

“Kalau lelah pasti kadang-kadang muncul namanya juga manusia, apalagi medan yang ditempuh juga cukup sulit, pernah saya harus menyusuri pematang sawah sepanjang 400 meter tapi setelah sampai di lokasi, ternyata bukan orang yang dimaksud,” kenangnya saat mengawali cerita kepada Jamkesnews, Senin (08/06).

Ia mengaku selama melaksanakan tugas banyak suka duka yang ia alami, tapi tidak terlalu dipikirkan. Karena menurutnya yang terpenting KIS bisa sampai di tangan orang yang tepat dan membutuhkan,  dengan begitu saja ia merasa sudah senang dan bersyukur.

“Tantangannya petugas lapangan ini sangat bervariasi, tapi tantangan terbesar di tengah pandemi ini adalah kami agak was-was dan diharuskan lebih berhati-hati karena di saat orang-orang harus membatasi interaksi dengan berdiam diri di rumah, kami tetap harus keluar rumah dan mendatangi masyarakat secara langsung, atau door to door,” ujarnya.

Walaupun demikian ia mengatakan semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dengan tetap jaga jarak, rajin cuci tangan, dan selalu gunakan masker. Salah satu hal yang membuatnya merasa senang dan puas dalam melaksanakan pekerjaannya adalah ketika melihat masyarakat masih mau saling membantu dan koperatif dalam hal distribusi KIS.

“Senangnya kalau ketemu warga yang berkumpul di bagian bawah rumah panggung, kita bisa saling mengobrol dan dari situ saya sering dibantu dan bahkan diantarkan ke rumah yang saya cari. Karena masyarakat sadar akan manfaat Program JKN-KIS ini untuk dapat mengakses fasilitas kesehatan,” ujarnya bersemangat.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan karena KIS yang mereka terima sangat dibutuhkan untuk berobat, terutama yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Oleh karena itu, kami selalu berusaha untuk memastikan proses distribusi KIS dilakukan secepat dan setepat mungkin,” tutupnya sambil tersenyum. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top