MAKASSAR CITY

LPPM UIM Selenggarakan Pembekalan KKN Virtual bagi 714 Mahasiswa

LPPM UIM Selenggarakan Pembekalan KKN Virtual bagi 714 Mahasiswa

 

Makassar, Upeks.co.id — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Makassar (UIM) menyelenggarakan pembukaan dan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi membuka pembekalan virtual KKN Tematik UIM tersebut di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, Makassar,  Senin (28/9/2020).

Ketua LPPM UIM Dr Ir Syaripuddin Muddin MT mengungkapkan, KKN Tematik UIM tahun ini diikuti oleh 714 mahasiswa.

“Kami menyebutnya sebagai KKN tematik karena semua kegiatan KKN oleh mahasiswa di daerah masing-masing fokus untuk edukasi dan pencegahan Covid19,” urainya.

Dalam sambutan pembukaan pembekalan tersebut, Majdah menyebut mahasiswa peserta KKN UIM kali ini sebagai Duta Covid19 karena menjadi garda terdepan mensosialisasikan dan membantu pemerintah mengedukasi pencegahan penyebaran virus Corona.

“UIM memilih tema pencegahan Covid19 ini bukan tanpa alasan mengingat penyebaran Covid19 semakin tinggi. Indonesia malah sudah berada di posisi ketiga setelah India dan Irak, sehingga Indonesia sudah dilockdown oleh 50an negara,” urai Majdah.

Khusus di Sulsel, jelasnya, malah di kabupaten yang menunjukan trend peningkatan.

LPPM UIM Selenggarakan Pembekalan KKN Virtual bagi 714 Mahasiswa

“Maka KKN kali ini untuk edukasi kepada masyarakat bagaimana mencegah diri dan orang lain dari virus Corona,” ujarnya.

Pembekalan secara virtual KKN Tematik UIM 2020 berlangsung dua hari yang diisi dengan sejumlah materi pembekalan.

Mulai dari materi Urgensi Prilaku Hidup Sehat dalam Pencegahan Virus Covid-19, Sosialisasi dan Pendampingan Pelaksanaan Prilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dan Penguatan Ekonomi Kerakyatan di Masa Covid-19. Masing-masing disampaikan oleh Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi, Dr HM Arfah Siddiq MA dan Dr Ir H La Sumange MSi.

Juga disampaikan materi pembekalan Pengoptimalisasian Peran Mahasiswa dalam Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid19 oleh Dr H Nurdin SH MH, Peningkatan Edukasi dan Protokol Kesehatan Masyarakat dalam Rangka Pencegahan Covid oleh Prof Dr HM Arfin Hamid SH MH, dan Sosialisasi Standard Perawatan Tempat Ibadah (Masjid) dalam Upaya Penanggulangan Pandemi Covid-19 oleh Dr HM Ruslan MA.

Serta materi Peningkatan Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 oleh dr Marhaen Hardjo MBiomed PhD, Pelaksanaan KKN Khusus Penanganan Pandemi Covid-19 oleh Dr Saripuddin Muddin ST MT dan Monev, Laporan dan Protokol Kesehatan KKN Daring oleh Dr Syamsul Rahman STP MSi.(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top