KPU Pangkep Tetapkan DPS Pilkada 237.117, Pemilih Perempuan Lebih Banyak

  • Whatsapp
KPU Pangkep Tetapkan DPS Pilkada 237.117, Pemilih Perempuan Lebih Banyak

KPU Pangkep Tetapkan DPS Pilkada 237.117, Pemilih Perempuan Lebih Banyak

PANGKEP,UPEKS.co.id — Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Pangkep akhirnya menetapkan Daftar  Pemilih Sementara (DPS), Pilkada Pangkep.

Bacaan Lainnya

KPU Pangkep menetapkan DPS sebanyak 237.117 pemilih, dengan rincian laki-Laki sebanyak 113.520 dan  perempuan sebanyak 123.597 yang tersebar di 103 desa/kelurahan 13 Kecamatan.

Komisioner KPU Pangkep divisi data, Rohani menjelaskan, adapun jumlah dalam DPS ini dari pemilih awal dalam  A-KWK sebanyak 243.513 dengan rincian pemilih baru berjumlah 9.418, pemilih tidak memenuhi syarat (TMS)  sebanyak 15.814 dan perbaikan data pemilih sebanyak 19.612.

Lanjutnya, Penetapan DPS adalah bagian dari hasil penyusunan DPHP yang didapatkan dari hasil pencocokan  dan penelitian oleh 709 PPDP lalu dicermati kembali termasuk menerima laporan saran, masukan dan tanggapan  perbaikan oleh Bawaslu Pangkep beserta jajarannya di tingkat Desa dan Kecamatan.

“Hasil Coklit 709 PPDP yang dilaksanakan sejak tgl 15 Juli-13 Agustus 2020 lalu diolah dan disusun sebagai Daftar  Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang selanjutnya di plenokan secara rekapitulasi berjenjang dari PPS, PPK  dan Hari ini di Kabupaten untuk selanjutnya ditetapkan sebagai DPS,” Ujar Rohani

Rohani lanjut menjelaskan, dalam proses pleno kabupaten ini juga menindaklanjuti saran, masukan serta  tanggapan oleh Bawaslu Pangkep bila terdapat data yang harus disesuaikan dengan kondisi faktual pemilih  apakah sudah kategori TMS atau MS.

“Pasca penetapan DPS juga masih sangat memungkinkan untuk dilakukan perbaikan ditingkatan DPSHP  sebelum ditetapkan sebagai DPT bulan Oktober yang akan datang ,”tutup Rohani

Kegiatan Pleno Terbuka ini dihadiri oleh sejumlah undangan seperti Bawaslu Pangkep, Forkopimda, LO Bapaslon,  Disdukcapil Pangkep, Kesbangpol, perwakilan Ormas dan OKP juga penyelenggara adhoc PPK dan Panwascam.  (sah).

Pos terkait