Islamisasi Kerajaan Gowa

  • Whatsapp
Islamisasi Kerajaan Gowa

Islamisasi Kerajaan Gowa

Makassar, Upeks–Sejarah masuknya Agama Islam dan Islamisasi di Sulawesi Selatan merupakan hal yang fundamental dalam kajian tentang kehadiran Islam yang kini dianut mayoritas penduduk.

Bacaan Lainnya

Strategi dakwah dan betapa besar jasa para pembawa Islam di Sulawesi Selatan seperti ungkapan yang berbunyi “bukan Makassar – Bugis, kalau bukan Islam.”

Penulis membahas sejarah kerajaan Gowa Pra Islam melalui sumber sumber tertulis, pertama Lontara, kedua sure Galigo (keadaan dan kebudayaan masyarakat Gowa), ketiga sumber Portugis yang ditulis oleh Time Pires dalam sebuah “The Suma Oriental” buku ini menceritakan
*Asal usul & perkembangan kerajaan Gowa.
*Kebudayaan dan kepercayaan.
*Kedatangan Bangsa Asing.

Islam masuk di Gowa pada awal abad XVII, melalui hubungan para pedagang muslim Makassar di perantauan.

Menurut teori Noordyun proses Islamisasi di Sulawesi Selatan tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia yaitu melalui tiga yaitu kedatangan Islam, penerimaan Islam dan penyebarannya, pendapat ini senada yang fiungkdpkan oleh H.J.de Graaf menyatakan :
“Islam di dakwahkan di Asia tenggara melalui metode pedagang muslim, para Da’i yang datang dari Hindia dan Arab terakhir kekerasan dan menaklumkan perang terhadap negara negara berhala.”

Penerimaan Islam sebagai agama kerajaan merupakan titik awal islamisasi dalam kehidupan politik dan sosial. Islamisasi tidak berarti mengubah semua pranata yang telah ada akan tetapi melengkapi pranata Islam dalam struktur pemerintahan kerajaan Gowa.

Penerimaan Islam di kerajaan Gowa disebarkan oleh mubalig Datuk Tallua memiliki persamaan konsepsi Tomanurung, sebagai Raja Gowa pertama yang sanagat dipercaya oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Islamisasi ke berbagai daerah Nusantara tidaklah berlangsung secara bersamaan. Kedatangan Islam di Kerajaan Gowa agak lambat di banding daerah lainnya .

Penerimaan Islam di Sulawesi Selatan khususnya di Kerajaan Gowa menurut penulis sejarah Islam Sulawesi Selatan dengan pola bottom up, Islam diterima oleh elite penguasa kerajaan kemudian dikembangkan ke masyarakat.

Raja Tallo dan Raja Gowa yang pernah kali menganut Agama Islam yg dikuti oleh seluruh rakyatnya. Penyebaran Islam awalnya melalui pedagang Muslim, yang datang ke Makassar para para saudagar Melayu mendatangkan mubalig dan termotivasi untuk mengislamkan elite penguasa Kerajaan Gowa dan Tallo.

Kejelasan uraian buku ini dapat diperoleh pada perpustakaan umum/khusus perpustakaan kecamatan/kelurahan dalam wilayah Kota Makassar.

Koleksi muatan lokal milik Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Katalog

Penulis
Prof.Dr.Ahmad M Sewang

Halaman XVII + 206 halaman 14 x 21 cm
ISBN : 978-623-226-159-4
Diterbitkan oleh Pusaka Almania.  (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *