Gowa Raih Dua Penghargaan di Bidang Perdagangan dan Perindustrian

Gowa Raih Dua Penghargaan di Bidang Perdagangan dan Perindustrian

GOWA, UPEKS.co.id — Prestasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus ditunjukkan ditengah pandemi Covid-19 ini, selain Penghargaan Natamukti, Pemkab Gowa juga meraih dua penghargaan sekaligus di bidang perdagangan dan perindustrian pada Goverment Award 2020 yang dilaksanakan oleh Government Round Table MarkPlus Inc, secara virtual, Kamis (17/9/2020) siang.

“Alhamdulillah Gowa raih dua penghargaan sekaligus yaitu Gold Winner kategory Industry dan Silver Winner of Indonesia kategori Trade (perdagangan),” ungkap, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib.

Bacaan Lainnya

Gold Winner yang diraih Pemkab Gowa bersama kabupaten/kota lainnya pada kategori berbeda ini merupakan penghargaan utama perhelatan tersebut. Dimana untuk kategori industri Pemkab Gowa berhasil meraihnya atas inovasi yang dilakukan dalam pengembangan usaha telur asin menggunakan pembakaran media pasir.

“Pengembangan pengelolaan telur asin ini merupakan salah satu program utama dalam pengembangan kompetensi industri kecil menengah kita, dimana Pemkab Gowa telah memprogramkan OVOP (one village one product) yang menfokuskan pembinaan produk usaha kecil menengah dalam suatu wilayah baik kecamatan maupun desa/kelurahan,” bebernya.

Sementara untuk penghargaan Silver Winner of Indonesia kategori Trade (perdagangan) Award diberikan atas pemberlakuan belanja online di Pasar Induk Minasamaupa Gowa saat PSBB Mei lalu hingga saat ini, yang dinilai mampu mendatangkan manfaat dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Penghargaan ini memberikan gambaran bahwa Pemkab Gowa dinilai memberikan dukungan yang besar dalam sistem online pembelanjaan, salah satunya di Pasar Induk Minasamaupa. Bahkan belanja online ini turut dinikmati beberapa warga di Kota Makassar. Sehingga pihak penyelenggara melihat inovasi tersebut yakni bagaimana PSBB bisa sukses dengan pembatasan kunjungan pasar, jaga jarak yanh memiliki manfaat besar dalam rangka pemutusan penularan Covid-19,” jelas Andi Sura.

Sementara Chairman MarkPlus, Inc, Hermawan Kartajaya mengaku penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota yang memiliki inovasi dalam memajukan perdagangan dan perindsutrian di Indonesia.

“Kami berharap dengan adanya penghargaan ini kabupaten/kota lain bisa termotivasi untuk selalu membuat inovasi dimasa adaptasi baru ini,” pungkasnya.(Sofyan)

Pos terkait