Fatimah Az-Zahra, Siswi Enrekang Wakili Sulsel, Lomba Bertutur Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Fatimah Az-Zahra, Siswi Enrekang Wakili Sulsel, Lomba Bertutur Tingkat Nasional

Fatimah Az-Zahra, Siswi Enrekang Wakili Sulsel, Lomba Bertutur Tingkat Nasional

ENREKANG,UPEKS.co.id— Fatimah Az-Zahra Siswi Asal Kabupaten Enrekang mewakili Sulawesi Selatan  mengikuti lomba bertutur tingkat Nasional yang diselenggarakan Perpustakaan RI.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut berlangsung  melalui Zoom dan ditampilkan secara live di Channel YouTube Perpustakaan RI,Rabu, (9/9/2020).

Setelah meraih Juara pada ajang yang sama di Tingkat Provinsi, kini Fatimah Siswi dari SDN 226 Enrekang ini  dipercaya membawa nama harum Sulawesi Selatan di Tingkat Nasional dan harus bersaing dengan 33 peserta  dari Provinsi lain di seluruh Indonesia.

Pada lomba bertutur kali ini, Fatimah kembali mengangkat kisah Abu Bakar Lambogo. Fatimah berkisah  bagaimana Pahlawan Asal Bumi Massenrempulu ini Berjuang melawan para penjajah Belanda.

Kepala Perpustakaan RI, Syarif Bando saat memberi sambutan mengatakan, lomba tersebut adalah komitmen  Perpustakaan dalam mencerdaskan anak bangsa. Ia juga menegaskan meski digelar secara virtual namun tidak  akan mengurangi kualitas lomba.

“Melalui kesempatan ini kami mengajak seluruh elemen masyarakat, agar mendukung upaya meningkatkan  kegemaran membaca sejak dini, dengan kegiatan bertutur atau bercerita,” kata Syarif.

Lomba Bertutur Tingkat Nasional Tahun 2020 ini mengusung tema “Menumbuhkembangkan Kegemaran  Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter Kecerdasan, Kreativitas dan  Inovasi Generasi Muda Indonesia”.

Materi yang dibawakan para peserta dalam perlombaan ini merupakan cerita rakyat yang bermuatan lokal dari  berbagai provinsi.

Sebanyak 34 judul cerita rakyat dipilih karena mengandung nilai-nilai positif bagi anak, misalnya nilai pendidikan,  perjuangan, dan karakter bangsa, meliputi sikap nasionalis, sikap jujur, religius, sikap peduli lingkungan, sikap  tanggung jawab, sikap disiplin, sikap kerja keras, sikap demokratis, sikap toleransi, dan sikap positif lainnya.

Kemampuan bertutur adalah hasil literasi pada tahap pemahaman dan pemaknaan apa yang tersurat dan yang  tersirat, yang diperoleh dari kegiatan membaca. Sehingga relevan untuk meningkatkan minat baca anak sejak dini.  (Sry).

Pos terkait