Erlangga For Kids Webinar Bermain yang Bermakna Bagi Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Erlangga For Kids Webinar Bermain yang Bermakna Bagi Anak Usia Dini

Makassar,Upeks.co.id–Saat ini proses belajar tengah berlangsung dari rumah, hal ini tidak terlepas dari situasi pandemi virus Covid-19 yang masih menyebar. Hampir semua tingkatan melakukan proses ini tak terkecuali tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Atas kondisi tersebut, Erlangga For Kids,menggelar Webinar via aplikasi Zoom dengan tema Bermain Yang Bermakna Bagi Anak Usia Dini, disiarkan langsung di Youtube Erlangga Inspirasi Channel, Sabtu, 12 September 2020.

Bacaan Lainnya

Tampil sebagai narasumber yakni Direktorat Pembinaan PAUD Kemendikbud Lestari Kusuma Wardhani. Arumi Bachsin, Duta PAUD Nasional yang juga TP PKK Jawa Timur.Wikan Putri Larasati, M.Psi, Psikologi Pendidikan serta Enno Lerian, Mantan Penyanyi Cilik dan Penyiar.

Kondisi ini pademi Covid-19, mereka sepakat orang tua harus punya peran aktif bermain di rumah agar anak menjadi kreatif.

Lestari menyebut, saat ini pendidikan di sekolah tidak bisa dipindahkan ke rumah. Karena memang beda. Idealnya guru bisa memberikan tugas kepada anak agar bisa mengingat. Karena dengan tugas anak menjadi menganalisa. “Orang tua harus memahami minat anaknya, memahami usaha yang dilakukan anaknya,” ujarnya.Erlangga For Kids Webinar Bermain yang Bermakna Bagi Anak Usia Dini

Sedangkan menurut Wikan, bicara soal anak usia dini, maka tidak boleh pembelajaran secara screen time atau satu arah. Seperti video atau youtube. Anak perlu ada interaksi dua arah agar trampil berbahasa. ” Hubungan orang tua dengan anak harus terus terjaling,” urainya.

Sementara Arumi menyebutkan orang tua harus menciptkan harmonisasi dalam keluarga. Memberikan kepercayaan diri kepada anaknya.”Karena adalah investasi masa depan,” tandasnya.

Enno Lerian, mantan penyanyi cilikyang saat ini tengah memiliki anak usia dini, me ungkapkan orang tua perlu menyesuaikan diri dengan mendampingi senyaman mungkin bermain. “Orang tua harus sekreatif mungkin. Orang tua harus menambah wawasan agar materi dari guru bisa sampaikan lebih menarik kepada anak,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Penerbit Erlangga juga memperkenalkan sebuah lini produk baru yaitu Seri Bermain & Belajar Bersama Erlangga for Kids yang bisa menjadi pilihan orang tua dan guru untuk membantu anak meningkatkan sisi kreatifnya walaupun kegiatan bermain dan belajar dilangsungkan di rumah. Seri ini memberikan berbagai aktivitas seru untuk anak seperti berhitung, membaca, menggambar dengan kemasan yang menarik.

Menurut Fikri Somyadewi, Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products dari Penerbit Erlangga, bersama dengan kegiatan ini Penerbit Erlangga berharap agar selalu dapat hadir membawa ilmu pengetahuan di manapun anak-anak Indonesia berada. (rls)