DKPP Minta KPU Jujur, Adil, Berintegritas dan Transparan

  • Whatsapp
DKPP Minta KPU Jujur, Adil, Berintegritas dan Transparan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) selenggarakan Ngobrol Etika Penyelengara Pemilu dengan Media (Ngetrend Media) di Hotel Sheraton by Four Point Makassar, Kamis malam (17/09/2020).

Anggota DKPP Prof. Teguh Prasetyo mengatakan di Sulawesi Selatan (Sulsel) terdapat 12 Kabupaten akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Bacaan Lainnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus adil, dan transparan, jujur dan berintegritas.

“Pesta demokrasi tidak boleh ada gesekan, untuk itu saya harapkan KPU betul-betul jujur, transparan dan berintegritas,” jujur Prof. Teguh sapaannya.

Ia juga mengatakan Pilkada kali ini berbeda dengan sebelumnya. Pelaksanaan tahun ini dengan kondisi Pandemi Covid-19. Dan tidak ketahui kapan akan berakhir.

“Dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini tentu ramai. Untuk itu KPU harus memberikan arahan kepada seluruh calon kepala daerah mematuhi Protokol kesehatan,” ujarnya.

Tak hanya itu. Menurut Prof. Teguh, KPU juga tidak boleh membiarkan satu pun suara terlewatkan utamanya masyarakat lanjut usia. Ingin menyalurkan hak suaranya lalu takut datang ke TPS. KPU harus mendatangi untuk menjembatani untuk menyalurkan hak suaranya.

“Walaupun KPU datang misalnya, tidak boleh mengintervensi pemilih ini. Harus adil, jujur dan transparan. KPU tidak boleh membiarkan suara rakyat tidak tersalurkan,” ungkapnya.

Prof. Teguh juga meminta Media Massa harus mengkawal Pilkada ini. Ia mengatakan peranan media sangat dibutuh sebagai kontrol sosial.

“Media, memiliki peranan penting, untuk itu saya berharap media untuk melakukan pengawasan pada pelaksanaan pesta demokrasi ini, sehingga penyelenggaraan Pilkada betul-betul adil sehingga berjalan lancar,” tutupnya.(Rasak).

 

 

Pos terkait