MAKASSAR CITY

Dinkes Makassar Imbau Masyarakat Pakai Masker Standar WHO

Dinkes Makassar Imbau Masyarakat Pakai Masker Standar WHO

 

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengimbau masyarakat memakai masker yang berstandar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terutama di daerah episentrum penyebaran Covid-19.

“Diharapkan masyarakat memakai masker yang terstandar terutama kawasan yang memasuki zona merah. Seperti mau keluar kota ke Jakarta itu atau kalau ada kontak di rumah paling tidak maskernya terstandar,” ucap Naisyah, Jumat, 11 September 2020.

Menurut Naisyah, masker yang berstandar WHO lebih terjamin dari segi pencegahan penyebaran virus dibandingkan dengan masker yang diperjualbelikan di pinggir jalan.

“Masker standar yang dimaksud adalah masker kain yang tiga lapis. Tiga susun maskernya. Itu maskernya yang tersandar dari WHO. Diharapkan masyarakat memakai itu,” paparnya.

Naisyah menyarankan agar masyarakat memakai masker kain, bukan masker N95 atau yang bersandar WHO lainnya.

Selain bisa dipakai berkali-kali, masker kain juga tidak menyebabkan kelangkaan masker untuk tenaga medis.

“Harusnya masker kan harus berstandar, seperti masker kain, masker medis, masker N95 itukan ada standarnya semua. Kenapa kain karena bisa dicuci kembali. Dia punya berapa, cuci satu pakai lagi satu. Itu yang diharapkan,” bebernya.

Namun, Naisyah menuturkan bahwa pemakaian masker berstandar WHO itu hanya imbauan. Jika tidak memiliki masker kain tiga lapis, maka masyarakat cukup pakai masker biasa.

“Tetapi kalau pun dia pakai masker biasa tidak masalah,” tutupnya.(rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top