MAKASSAR CITY

Dinas Kesehatan Makassar Pastikan APD untuk Dokter dan Tenaga Medis Terpenuhi

Dinas Kesehatan Makassar Pastikan APD untuk Dokter dan Tenaga Medis Terpenuhi

 

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar memberikan perhatian bagi dokter dan tenaga medis dengan memastikan Alat Pelindung Diri (APD) terpenuhi. Mengingat banyaknya dokter yang meninggal akibat terpapar virus Covid-19.

Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, stok APD untuk dokter dan nakes masih dalam status aman saat ini.

“Untuk persediaan APD untuk nakes di Kota Makassar sampai saat ini masih terpenuhi,” kata Naisyah, Rabu (9/9/2020).

Untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19, dokter dan tenaga nakes harus melindungi diri dengan APD yang harus sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia (WHO)

“Standarnya pun sama yang ditetapkan oleh WHO dan Kemenkes. Kita tidak berani memakai APD di luar itu,” ujar Naisyah.

Dinas Kesehatan Makassar Pastikan APD untuk Dokter dan Tenaga Medis Terpenuhi

Naisyah mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sepeti pakai masker, rajin cuci tangan, dan jarak. Agar risiko orang tertular akan sedikit dan akan meringankan pekerjaan dokter.
Menurut Naisyah, dengan patuh menerapkan protokol kesehatan akan berdampak besar bagi dirinya sendiri maupun tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit.

“Jadi kita pakai masker, dokter juga aman. Selain nakes mematuhi protokol memakai APD yang lengkap juga masyarakat harus sadar,” ujar Naisyah.

Jika masyarakat tak patuh, maka persentase pasien yang masuk rumah sakit juga akan tinggi. Sehingga dokter yang bersentuhan langsung juga kemungkinan besar akan terpapar.

“Ketidak patuhan mereka berdampak pada tenaga kesehatan. Karena nakes tidak ada alasan untuk tidak menolong mereka yang terpapar covid untuk tidak menyentuh mereka,” tutupnya.(rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top