PARIWARA

Butuh Update Informasi JKN-KIS? Cek di Mobile JKN Saja

Butuh Update Informasi JKN-KIS? Cek di Mobile JKN Saja

Narasumber : Ami (19)

Baubau, Upeks.co.id – Kesehatan merupakan suatu nikmat yang tidak ternilai harganya bagi setiap manusia, karena saat sehat seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas untuk memenuhi kebutuhan. Sebaliknya jika sakit, uang yang selama ini ditabung untuk masa depan, bisa saja habis untuk biaya berobat. Begitulah penuturan Ami (19), seorang mahasiswa semester 2 Politeknik Ujung Pandang kepada Jamkesnews, Kamis (18/06).

Ami bersama keluarganya merupakan masyarakat Lingkungan Tarafu Kota Baubau, namun sudah setahun tinggal di Makassar untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Menurut Ami semenjak tinggal jauh dari keluarga, dirinya mulai merasakan betapa pentingnya perlindungan jaminan kesehatan.

“Saat ini tentunya lebih aware terhadap kesehatan, apalagi pada masa pandemi sekarang dan saya tinggal tidak bersama keluarga. Tapi karena sering baca-baca berita BPJS Kesehatan yang ada di Mobile JKN, jadi lebih mengerti alur pelayanan kesehatan. Kita kan tidak tahu kapan sakit, jadi setidaknya kalau sakit sebagai peserta Program JKN-KIS kita bisa lebih siap dan tahu apa yang harus dilakukan supaya tidak mengeluarkan biaya mahal untuk berobat,” ujarnya.

Ami menjelaskan bahwa saat ini aplikasi Mobile JKN lebih kaya akan fitur yang sangat sesuai dengan kebutuhan pesertanya. Misalnya saja, tersedianya berita tentang pelayanan, baik mengenai prosedur serta manfaat yang telah dirasakan oleh peserta. Selain itu ada pula artikel tentang pola hidup sehat.

“Saya sangat sering membuka aplikasi Mobile JKN, hampir setiap hari atau setiap dua hari. Biasanya hanya untuk Skrining Mandiri Covid-19, cek tagihan iuran, atau sekedar meng-update informasi terkait program ini. Itu kan beritanya selalu diperbarui setiap hari, sehingga betul-betul bisa memberikan pengetahuan kita tentang seluk beluk program ini,” lanjutnya.

Pada akhir pembicaraan Ami mengajak seluruh masyarakat khususnya yang belum mendaftar sebagai peserta Program JKN-KIS agar dapat segera mendaftar. Menurutnya, menyiapkan jaminan kesehatan selagi masih sehat akan sangat bermanfaat jika suatu saat nanti kita sakit. Tidak lupa dia mengingatkan agar masyarakat yang sudah terdaftar, tidak lupa membayar iuran secara rutin tiap bulan.

“Program ini lahir dari budaya gotong royong yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia. Kita mendaftar dan membayar iuran bukan hanya karena kita ingin menggunakan. Tapi yang paling indah adalah kita telah membantu sesama,” tutupnya. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top