PARIWARA

BPJS Kesehatan Makale Sosialisasikan Perpres Terbaru pada Mitra FKRTL

BPJS Kesehatan Makale Sosialisasikan Perpres Terbaru pada Mitra FKRTL

Makale Utara, Upeks.co.id – Dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Makale mengadakan sosialisasi kepada seluruh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) mitra BPJS Kesehatan Cabang MakaleSenin (15/06).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makale Sanny Christian Mangundap mengungkapkan, sosialisasi tersebut merupakan langkah untuk menyatukan persamaan persepsi terkait regulasi terbaru dalam implementasi pelaksanaan jaminan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Sebagai tindaklanjut putusan Mahkamah Agung, Presiden telah mengeluarkan Pepres 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Melalui Peraturan Presiden ini peran negara dalam memastikan jaminan kesehatan bagi rakyat Indonesia semakin terlihat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta PBI yang didaftarkan 100% disubsidi oleh pemerintah,” papar Sanny.

BPJS Kesehatan Makale Sosialisasikan Perpres Terbaru pada Mitra FKRTL

Sanny juga menambahkan bahwa mulai 1 Juli 2020, pemerintah tetap memberikan subsidi bagi peserta segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/Bukan Pekerja (BP) dengan hak perawatan kelas 3. Adapun penyesuaian iuran mulai 1 Juli 2020 yang tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 bagi peserta PBPU/BP hak rawat kelas 1 sebesar Rp 150.000 /jiwa/bulan, kelas 2 sebesar Rp 100.000/jiwa/bulan dan kelas 3 sebesar Rp 42.000.

“Khusus bagi peserta dengan hak perawatan kelas 3 mendapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp 16.500, sehingga iuran yang dapat dibayarkan oleh peserta tidak mengalami kenaikan yakni sebesar Rp 25.500. Hal ini menjadi komitmen pemerintah untuk menata kesenjangan antara iuran dengan manfaat yang komperhensif sehingga menciptakan ekosistem JKN-KIS yang sehat dan berkesinambungan,” lanjutnya.

Direktur RSUD Lakipadada Syafari Mangopo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat guna menyamakan pemahaman FKRTL. Ia juga mengatakan bahwa akan kooperatif dalam menyampaikan regulasi tersebut kepada jajarannya untuk disampaikan kepada peserta Program JKN-KIS yang mendapatkan pelayanan kesehatan pada FKRTL.

“Setiap pihak memiliki peran dalam menyukseskan Program JKN-KIS. Bersama kita berikan berkontribusi dalam implementasi program ini dengan tetap berpegang pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top