PARIWARA

BPJS Kesehatan Makale Bersiap Masuki Situasi New Normal

BPJS Kesehatan Makale Bersiap Masuki Situasi New Normal

Makale Utara, Upeks.co.id – Mendukung kebijakan pemerintah, penerapan tatanan new normal kini telah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Makale. Sebagai badan pelayanan publik, layanan dilaksanakan dengan tetap memprioritaskan aspek kesehatan dan keamanan dengan memperhatikan standar operasional prosedur pencegahan penyebaran Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19).

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Makale Mahardika Salam menjelaskan bahwa sebelum diberlakukan, pegawai terlebih dahulu telah dibekali melalui sosialisasi terkait standar operasional yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan tatanan new normal. Hal tersebut dijadikan acuan agar dalam pelaksanaanya dapat berjalan secara efektif dan efisien.

“Walaupun kegiatan akan kembali berjalan normal namun beberapa standar operasional akan kami jalankan diantaranya juga yang melibatkan eksternal seperti prosedur pelaksanaan rapat tatap muka, prosedur penerimaan tamu, serta prosedur surat dan paket. Kemungkinan penyebaran Covid-19 dari berbagai aspek tersebut akan kami antisipasi melalui penerapan prosedur standar operasional sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penyebaran virus,” katanya, Selasa (09/06).

Khusus untuk pelayanan, peserta wajib melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan. Peserta yang masuk ke lingkungan BPJS Kesehatan harus menggunakan masker dan mencuci tangan pada wastafel yang telah disiapkan. Selanjutnya melakukan pemeriksaan suhu dengan ketentuan jika lebih dari satu peserta maka harus memperhatikan jarak aman minimal 1 meter dengan jalur yang telah ditetapkan menggunakan railing stand dan stiker penanda. Demikian juga bagi pegawai maupun tamu.

Sementara pada bagian frontliner juga telah dilengkapi dengan handsanitizer serta kursi tunggu yang telah diberi jarak. Loket petugas juga telah dipasangi pembatas acrylicuntuk memberikan rasa aman baik bagi petugas maupun peserta yang membutuhkan pelayanan. Selain itu, penyemprotan menggunakan desinfektan juga dilakukan terlebih pada bagian yang berpotensi menjadi media penyebaran seperti gagang pintu, kursi tunggu, meja, alat tulis, dan lainnya.

Penerapan new normal  dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 tersebut direspon positif oleh peserta. Salah seorang peserta JKN-KIS, Sardi, mengatakan dengan adanya new normal  tersebut peserta tetap bisa mendapatkan pelayanan dengan rasa aman karena adanya protokol yang baik dan mudah dipahami.

“Saya lihat BPJS Kesehatan memang susah siap dengan new normal  ini. Dari awal masuk hingga sampai mendapatkan pelayanan saya diarahkan dengan baik oleh petugas sesuai prosedur. Ini cukup mengurangi kekhawatiran terpapar Covid-19,” ujar Sardi. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top