Staf Ahli Bidang Ekonomi menteri Hukum & HAM , Apresiasi Gerakan 1.000 Buku dan Wajib Baca di Rutan kelas II B Pinrang

  • Whatsapp
Staf Ahli Bidang Ekonomi menteri Hukum & HAM , Apresiasi Gerakan 1.000 Buku dan Wajib Baca di Rutan kelas II B Pinrang

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Staf Ahli Bidang Ekonomi Menteri Hukum dan Ham RI, Razilu melaunching Gerakan 1.000 buku dan wajib baca bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diselenggarakan oleh Ruma Tahanan (Rutan) kelas II B Pinrang, Sabtu (29/8/2020).

Razilu mengatakan kegiatan launching ini perlu diapresiasi dan diikuti oleh semua Lapas dan Rutan  yang ada di Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

“Gerakan 1000 Buku dan wajib baca bagi WBP harus kita dukung bersama. Tentunya kita mengapresiasi terobosan atau inovasi Rutan kelas II B Kabupaten Pinrang, karena mereka berkontribusi atau ikut mendukung pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,”Katanya saat memberikan sambutan saat launching yang digelar secara Virtual, melalui teleconference, di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel.

Razilu juga mengemukakan, gerakan 1000 buku dan wajib baca ini jika betul-betul dapat dijabarkan dengan baik akan memberi manfaat yang besar bagi warga binaan pemasyarakatan

Sebab menurutnya, dengan adanya gerakan membaca ini akan memberi inspirasi bagi warga binaan selama menjalani masa hukuman didalam Lapas atau Rutan.

“Kita tahu buku adalah jendela dunia, sumbernya motivasi dan ilmu pengetahuan. Gerakan ini memang perlu dilakukan oleh semua Lapas atau Rutan, biar WBP mempunyai wawasan dan motivasi yang baik. Jadi saya usulkan Kegiatan membaca bisa dilakukan setiap hari oleh para WBP,”ungkapnya pula.

Dikesempatan yang sama, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto juga mengaku mendukung gerakan ini.

Dengan adanya gerakan membaca ini akan menambah wawasan dan melahirkan pikiran-pikiran yang positif bagi warga binaan.

“Ini adalah salah satu upaya atau resolusi dalam memberikan motivasi WBP untuk menjalani kehidupan yang lebih optimis,” tambah Harun.

Sementara itu kepala Rutan Kelas II B Pinrang, Imran mengungkapkan garakan minat baca ini mendapat respon yang luar biasa dari warga binaan pemasyarakatan.

“Secara otomatis minat baca WBP di Rutan semakin tinggi dengan adanya gerakan 1.000 buku ini. Olehnya itu kami berupaya untuk menyediakan berbagai buku sebagai bahan referensi dan kereasi untuk dibaca oleh warga binaan,”jelasnya,  saat dihubungi melalui pesan WhatsApp nya.

Dalam Kegiatan Launching tersebut turut dihadiri Kadiv Admin, Sirajuddin, Kadiv Imigrasi, Dodi Karnida, Kabag program dan Humas, Jhon Batara serta para kepala Rutan se-Sulawesi selatan melalui teleconference. (Sofyan).

Pos terkait