MAKASSAR CITY

Soal Kategori Zona Hijau, Begini Penjelasan Naisyah Tun Azikin

Soal Kategori Zona Hijau, Begini Penjelasan Naisyah Tun Azikin

 

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, Kota Makassar akan berada pada zona hijau bila ratio positif di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 5 persen.

“Bila 5 persen positivity rate, 100 diperiksa 5 positif,” ujar Naisyah, Kamis, 27 Agustus 2020.

Angka positivity rate Covid-19 atau presentase kasus positif merupakan salah satu indikator untuk menentukan zona sebuah daerah.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan sampling dan pemeriksaan di laboratorium Provinsi Sulsel di Balai Besar Laboratorium Kesehatan atau BBLK.

Selain itu, Naisyah mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan provinsi untuk peminjaman mobil PCR keliling.

“Kita tracing ketat kembali, misalkan lima orang di rumah baru satuji yang mau diperiksa, kalau misalkan positif semuanya harus di swab, itu wajib,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini hasil pemeriksaan Swab sudah terbilang cepat. Pasalnya, sudah tak ada lagi penumpukan sampel di laboratorium.

“Satu hari biasa sudah keluar hasilnya karena laboratorium sekarang sudah tidak ada penumpukan, tidak adami Swab control,” kata dia.

Pasalnya, sudah ada revisi dari pemerintah pusat, Swab hanya dilakukan sekali terhadap pasien yang karantina.

“Jadi sudah tidak ada swab kedua, langsung sembuh, makanya laboratorium sudah kurang mi pemeriksaannya, jadi hasil sudah cepat,” pungkasnya.(rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top