Rayakan 1 Muharram, Majdah Luncurkan Program UIM Hijrah

  • Whatsapp
Rayakan 1 Muharram, Majdah Luncurkan Program UIM Hijrah

 

Makassar, Upeks.co.id — Sivitas akademika Universitas Islam Makassar (UIM) merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H dalam nuansa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Perayaan digelar terbatas hanya dihadiri langsung unsur pimpinan dan pejabat struktural di auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, Rabu (19/8/2020), dan diikuti secara virtual oleh keluarga besar UIM melalui Zoom Meeting dan live YouTube.

Menandai pergantian tahun baru Islam tersebut, Rektor UIM Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi meluncurkan program “UIM Hijrah”.

UIM Hijrah sebagai program implementasi dari visi menjadikan UIM sebagai Kampus Qurani dan Kampus Aswaja.

Kepala Lembaga Kajian Aswaja UIM Drs H Maskur Yusuf MAg menjelaskan rangkaian perayaan 1 Muharram UIM diisi dengan pengkhataman quran secara berjamaah.

“UIM Hijrah kita mulai dengan membiasakan seluruh unsur di UIM membaca dan dekat dengan quran,” jelasnya.

Majdah dalam sambutannya menguraikan 1 Muharram sebagai momentum introspeksi. “Bahwa selama setahun ini banyak hal yang telah terjadi namun atas doa dan keikhlasan bersama dapat dilalui,” ujarnya.

Termasuk, harapnya, dengan atmosfer qurani yang sedang dibangun di kampus UIM memberi keberkahan khusus dalam upaya peningkatan kualitas UIM.

“Alhamdulillah peringkat UIM mengalami peningkatan yang menggembirakan walau belum cukup memuaskan. Yakni insyallah tahun depan kita memperbaiki peringkat di 100 besar nasional,” tegasnya

Majdah yakin dengan keberkahan quran memudahkan ikhtiar dalam mencapai target yabg diharapkan. “Allah akan angkat derajat orang yang dekat dengan quran. Termasuk kemuliaan lembaga kita UIM,” tambahnya.

UIM Hijrah juga kata Ketua Muslimat NU Sulsel itu, untuk menandai tahun ini sebagai tahun pembenahan, sistem dibangun, manajemen diperbaiki di UIM. Termasuk akan ada aturan yg menstimulus kinerja swmua elemen.

Dalam tauziah singkatnya, Wakil Rektor IV Bidang Keaswajaan UIM Dr H Ruslan Wahab MA mengingatkan pergantian tahun awal untuk komitmen bersama untuk perubahan ke pola pikir qurani.

“Pola pikir qurani sangat produktif. Sehingga kita tak mengutamakan logika sendiri. Berapa banyak masalah transendensial yg tak mampu diselesaiakan oleh logika manusia. Mari ubah pola pikir dengan berbasis keberkahan,” ujarnya.(rls)

Pos terkait