Puluhan ASN Pemkab Gowa Ikut Tes Baca Al-Qur’an

Puluhan ASN Pemkab Gowa Ikut Tes Baca Al-Qur'an

Puluhan ASN Pemkab Gowa Ikut Tes Baca Al-Qur'an

GOWA, UPEKS.co.id –Sebanyak 76 orang aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa  mengikuti tes kompetensi membaca Al Qur’an di Baruga Tinggi Mae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Minggu  (30/8/2020).

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir  mengatakan tes ini merupakan bagian dari rangkaian seleksi bagai peserta yang ikut lelang jabatan.

“Ini bagian dari seleksi kompetensi inilah yang mendapatkan izin dari Kementerian Dalam negeri untuk pelantikan.  Tes mengaji ini untuk prasrat untuk mendukung jabatan di Kabupaten Gowa,” kata Muh Basir

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan bahwa, seleksi ini dilakukan  untuk mengisi jabatan eselon II, III dan IV yang kosong. Menurutnya ini sudah mendapat izin dari Kementerian  Dalam Negeri.

Lanjut orang nomor satu di Gowa ini, kedepan fasih membaca Al Qur’an akan menjadi persyaratan wajib bagi ASN  yang akan promosi jabatan khusus yang beragama Islam.

“Jadi kalau ASN mau mendapatkan jabatan meskipun dari dari sisi kompetensi mampu, pintar, cerdas, hebat tapi  kalau tidak fasih membaca Al Qur’an maka itu yang akan menggugurkan,” kata Adnan.

Kebijakan fasih membaca Al Qur’an bagi ASN yang akan menduduki jabatan ini kata Bupati Adnan merupakan  gelombang pertama dan merupakan daerah pertama yang melakukan di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, bagi yang belum fasih akan diberi waktu selama 6 bulan setelah dilantik untuk memperlancar  membaca Al Qur’an. Kemudian akan disertai dengan surat pernyataan siap mundur jika tidak bisa membaca Al Qur’an dengan fasih selama 6 bulan.

Pada kesempatan ini Bupati Adnan juga berharap ASN yang nantinya akan menduduki jabatan baik eselon II, III  maupun IV agar loyal, bekerja dengan baik sesuai aturan serta rajin dan disiplin.

Salah satu peserta seleksi yaitu Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri  yang ikut seleksi jabatan mengaku salut dengan kebijakan wajib tahu membaca Al Qur’an yang diambil oleh Bupati  Gowa ini.

“Kami salut dan bangga dibawah kepemimpinan bapak Bupati Adnan IYL selain mengedepankan aspek  kompetensi akademik, beliau juga mengedepankan kemampuan spritual dan religius pejabatnya di Kabupaten  Gowa,” ucapnya.

Sekedar diketahui bahwa seleksi Baca Al-Qur’an ini dites langsung oleh Imam Masjid Agung Syekh Kabupaten  Gowa. Kemudian surah dan ayat yang akan dibaca oleh peserta di pilih langsung oleh penguji. (Sofyan).

Pos terkait