Pemdes Laiyolo Baru Sosialisasi dan Peresmian Pengolahan Rotan di Pantai Balindongan

  • Whatsapp
Pemdes Laiyolo Baru Sosialisasi dan Peresmian Pengolahan Rotan di Pantai Balindongan

Pemdes Laiyolo Baru Sosialisasi dan Peresmian Pengolahan Rotan di Pantai Balindongan

SELAYAR.UPEKS.co.id— Pemerintah Desa Laiyolo Baru melaksanakan sosialisasi dirangkaikan syukuran  peresmian pengolahan rotan, di Pantai Balindongan, Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar, rabu  (19/8/2020).

Bacaan Lainnya

Sosialisasi sekaligus Peresmian pengolahan rotan di Desa Laiyolo Baru menghadirkan Investor dari jawa  sekaligus narasumber kegiatan ini.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Laiyolo Baru, Hasanuddin, Investor dari Jawa, Bambang, Babinsa, Sekdes  Laiyolo baru, Baharuddin, Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Laiyolo Baru.

Disela sela sosialisasi berlangsung, Masyarakat Desa Laiyolo Baru diberikan pemahaman terkait cara memelihara  rotan sehingga menghasilkan harga jual yang tinggi, dan juga diberikan pemahaman untuk menanam terus rotan  agar kedepannya bisa berkelanjutan.

Kepala Desa Laiyolo Baru, Hasanuddin mengatakan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan ini dengan  mengahadirkan investor dari Jawa, agar masyarakat paham, baik itu dari segi pemeliharaan rotan, kapan  bagusnya dipanen dan harga jual dari rotan itu sendiri.

” Dengan hadirnya investor dari Jawa ini untuk membeli rotan di Desa Laiyolo Baru, semoga bisa meningkatkan  pendapatan Masyarakat Desa Laiyolo Baru, karena kita ketahui selama pandemi berlangsung masyarakat itu dari  segi pendapatan otomatis juga ikut menurun,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa rotan di Desa Laiyolo Baru ini umurnya sudah sekitar 30 tahun dan belum  dipanen sehingga kita akan menyampaikan kemasyarakat utamanya pemilik rotan untuk bagaimana memelihara  rotannya dengan baik dan memanen rotannya yang memang sudah tua sehingga menghasilkan rotan yang  berkualitas.

Dengan demikian apa apa yang disampaikan melalui sosialisasi ini, kiranya masyarakat pemilik rotan bisa  menerapkan dengan baik supaya kita bisa pertahankan dari segi harga sehingga investor juga tidak kecewa dan  semoga kedepannya bisa berkelanjutan, tambahnya.

” Harga rotan yang sudah disepakati bersama dari hasil sosialisasi tersebut dengan harga 2500 per batang  dengan panjang rotan lima meter ukuran standar,” ujarnya.

Mengakhiri keterangannya, ia berharap semoga dengan adanya investor ini, masyarakat Desa Laiyolo Baru bisa  terbantu untuk meningkatkan pendapatannya, ujar Kades Laiyolo Baru Hasanuddin. (Sya).

Pos terkait