Pelantikan 23 PD Tandai Milad I IPIM Sulsel

  • Whatsapp
Pelantikan 23 PD Tandai Milad I IPIM Sulsel
Ketua Umum PW IPIM Sulsel H. Masykur Yusuf,S.Ag,M.Ag. tengah memberikan pengarahan kepada panitia terkait persiapan pelantikan 23 DP IPIM pada perayaan Milad I 25 Agustus mendatang. –foto: ist–

Makassar, Upeks.co.id–Perayaan Milad I Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulawesi Selatan bakal semarak dan digelar secara besar-besaran sehingga dipastikan menjadi momentum bersejarah  bagi seluruh imam-imam masjid di Sulsel. Pelantikan pengurus daerah secara serentak di 23 kabupaten/kota menandai perayaan Ultah pertama yang digelar secara virtual yang dipusatkan di Masjid Raya Makassar, 25 Agustus mendatang.

Kegiatan lain yang tak kalah menarik dan bakal membawa  pengaruh besar bagi imam-imam masjid di daerah ini meliputi lounching gerakan tahsin al Qiraah, penyerahan tali asih uang santunan dan sembako kepada imam masjid, guru mengaji, guru penghafal Al Quran, santri hafidz, muadzin, sekuriti, marbot masjid, dan penyuluh agama Islam non PNS serta pemberian shadaqah umroh kepada pengurus IPIM. Kegiatan yang mendapat dukungan   kerjasama dengan Universitas Islam Makasar Al Gazali, LPTQ, dan Kemenag Sulsel.

Bacaan Lainnya

Guna mempersiapkan kegiatan Milad pertama tersebut pengurus IPIM Sulsel telah melakukan rapat pemantapan dengan seluruh pengurus pada 23 kabupaten Senin (17/08/20) di Kantor IPIM Kompleks Masjid Al Markaz yang diikuti secara virtual bagi pengurus daerah yang tidak sempat hadir langsung.

Menurut Ketua DP IPIM Sulsel H. Masykur Yusuf,S.Ag,M.Ag. rapat koordinasi sengaja dilakukan dengan tujuan memantapkan kegiatan yang cukup besar dan berlangsung secara bersamaan di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, terutama pada saat prosesi pelantikan pengurus.

“Karena dilangsungkan secara virtual dan berlangsung secara bersamaan di semua daerah maka sudah pasti paling terpenting adalah jaringan internet,” ungkap Sekretaris MUI Kota Makassar.

Diakui H. Masykur setelah dilakukan pengecekan ternyata belum semua masjid agung di daerah memiliki koneksi wifi, bahkan ada beberapa masjid agung di kabupaten yang memang belum memiliki jaringan internet. Hanya saja lanjutnya, koneksi daring itu tidak boleh jadi hambatan tidak terlaksananya pelantikan di daerah tertentu, karena pihak Kemenag Sulsel sudah menyatakan kesediaan untuk memberi dukungan sepenuhnya atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan Milad IPIM.

“Jadi sudah kita kordinasikan dengan pihak Kakanwil Kemenag Sulsel yang akan menginstruksikan para Kakandep untuk segera menfasilitasi pengurus IPIM di daerahnya masing-masing, sehingga jika tidak dapat dilakukan di masjid akan di tempatkan di kantor Kemenag kabupaten,” kata H. Masykur.

Ketua Panitia H. Syahril Nur dalam rapat tersebut mengakui kalau semua persiapan prosesi pelantikan baik di Al Markaz Al Islami maupun di setiap daerah sudah dalam keadaan siap.

Acara Milad akan menghadirkan sekaligus memberi sambutan Gubernur Sulsel, Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Sulsel Anregurutta KH Sanusi Baco, LC., dan pejabat Muspida tingkat I dan II.(rls)

Pos terkait