Muh Arnan Amry: Panggilan Darurat 112 Menyerupai Ala Amerika Hadir di Kolaka

  • Whatsapp
Muh Arnan Amry: Panggilan Darurat 112 Menyerupai Ala Amerika Hadir di Kolaka
KOLAKA, UPEKS.co.id–Panggilan darurat 112 merupakan nomor panggilan darurat yang menyerupai panggilan 911 ala Amerika kini hadir juga di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra).
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo(Diskominfo) Kabupaten Kolaka Sultra Muh Arnan Amry saat menggelar rapat teknis pembahasan call centre 112 (nomor tunggal darurat)bersama Kapolres Kolaka, Kasat Pol PP, Basarnas Kolaka, Direktur Rumah Sakit Benyamin Guluh dan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, berlangsung di Command Centre Diskominfo Kolaka pada (3/8/20).

Kadis Kominfo menjelaskan bahwa panggilan 112 dapat diakses oleh masyarakat dengan bebas pulsa. Jika terjadi kondisi darurat disekitarnya seperti kebakaran, kecelakaan serta pelayanan kesehatan, dimana petugas pelayanannya terintegrasi dengan Polres Kolaka, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI) serta Basarnas.
“Rapat tersebut untuk membahas sisi teknis pelayanan darurat 112, yang dapat diakses masyarakat tanpa memakai pulsa aktif selama 24 jam,”jelas Arnan kepada media ini melalui WhatsAppnya pada (4/8/20).
Mantan Camat Kolaka mengatakan dengan adanya panggilan darurat 112  ini sebagai bukti komitmen serius Pemda Kolaka dalam  melayani kebutuhan masyarakatnya jika terjadi kondisi darurat.
“Jadi ini sebagai bukti keseriusan Bupati Kolaka dalam melayani kebutuhan darurat masyarakatnya, dengan melakukan respon cepat dan terpadu, juga merupakan bagian dari salah satu kebijakan strategis SMS Berjaya,” kata Arnan.
Sementara Kapolres Kolaka AKPB Saiful Mustofa ditempat yang sama menyampaikan bahwa panggilan darurat 112 ini sangat membantu tugas-tugas Kepolisian secara khusus dalam mewujudkan kondisi Kamtibmas yang kondusif di wayah Polres Kolaka untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Kolaka Sebagai kota smart city.
“Jadi panggilan darurat 112 ini merupakan induk semua nomor panggilan darurat yang terkoneksi,” ungkap Kapolres.(pil)

Pos terkait