Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Sukses Selesaikan Program Magang BUMN

  • Whatsapp
Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Sukses Selesaikan Program Magang BUMN

Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Sukses Selesaikan Program Magang BUMN

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Sebanyak 12 Mahasiswa UIN Alauddin Makassar berhasil menyelesaikan Program  Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di 8 Perusahaan BUMN. Perusahaan ini tersebar di beberapa wilayah  hingga kantor pusat Jakarta.

Bacaan Lainnya

Delapan perusahaan BUMN tersebut, antara lain: PT. Semen Tonasa, PT. Pertamina (Kantor Pusat Jakarta), PT.  Bank Rakyat Indonesia (Kantor Pusat Jakarta), PT. Perusahaan Gas Negara (Kantor Pusat Jakarta), PT. Pelindo IV, PT. Pegadaian (Kantor Cabang Makassar), PT. Indra Karya (Kantor Cabang Malang), dan PT. Industri Kapal  Indonesia.

Pelaksanaan PMMB ini berlangsung selama 6 bulan, dimulai sejak Januari sampai dengan Juli 2020. Program ini  adalah tindak lanjut dari hasil MoU antara UIN Alauddin Makassar dengan perusahaan-perusahaan BUMN.

Sejak tahun 2019 kami giat membangun jejaring kerjasama dengan perusahaan BUMN melalui Career  Development Centre (CDC) UIN Alauddin Makassar, sebagaimana salah satu Pancacita Pak Rektor bidang  akademik, yakni membangun jejaring yang kuat, Ujar Dr. Kamaluddin Abunawas (Wakil Rektor Bagian Kerjasama
UIN  Alauddin Makassar).

Terpisah, Direktur CDC UIN Alauddin Makassar Aulia Rahman Bato mengapresiasi hasil kerja Mahasiswa UIN  Alauddin Makassar selama mengikuti program magang ini.

Alhamdulillah, hasil monev yang kami lakukan dan laporan dari perusahaan BUMN cukup baik terhadap kinerja  mahasiswa kami selama mengikuti program ini. Bahkan salah seorang mahasiswa kami berhasil membuat sebuah  aplikasi yang dimanfaatkan oleh PT. Semen Tonasa “ujarnya.

Mudah-mudahan dgn kinerja yang baik ini, jumlah quota pada batch kedua ini bisa ditingkatkan dengan jumlah  program studi yang lebih variatif.

Program PMMB merupakan salah satu program unggulan CDC UIN Alauddin Makassar yang telah dirintis sejak  tahun 2017.

Program ini telah menjadi program nasional yang telah dituangkan dalam Nota Kesepahaman 5 Menteri, yakni  Menteri BUMN, Menteri Pendidikan, Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian dan Menteri Ketenagakerjaan.  PMMB secara teknis dilaksanakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dibawah naungan Kementerian  BUMN.

Sebanyak 146 perusahaan BUMN dan 136 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta telah tergabung dalam  program ini. (rls).

Pos terkait