Kemenag Sulsel Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan

  • Whatsapp
Kemenag Sulsel Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan

Kemenag Sulsel Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar  Abubakar membuka Kegiatan Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diselenggarakan Bidang Urusan Agama Islam (urais) melalui Seksi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina  Keluarga Sakinah, Selasa (18/8/2020), di Hotel Novotel Makassar dengan tetap menjalankan standar protokol  kesehatan.

Pembukaan kegiatan dihadiri Kepala Bidang Urais, H. Muhammad Nasir, para Kepala Seksi pada Bidang Urais,  dan peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari Kepala Seksi Bimas Islam Kab/Kota se Sulsel, Kepala  KUA/Penghulu, Ketua APRI Sulsel, dan Pelaksana pada Kanwil Kemenag Sulsel.

Dalam arahannya, Anwar Abubakar berharap kiranya semua Penghulu dan Pejabat Teknis Kepenghuluan  Kab/Kota agar menjalankan layanan sesuai dengan regulasi kepenghuluan.

“Setiap penghulu harus memahami aturan yang terkait tugas dan fungsinya, sehingga dalam memberi pelayanan  tetap berjalan sesuai dengan regulasi dan aturan yang telah ditetapkan”, harapnya.

Ia menbahkan agar penghulu pada masa pandemi seperi sekarang ini membuat skema adaptasi layanan  kepenghuluan, dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran dan memutus mata  rantai covid 19.

Selain itu, KaKanwil juga mengingatkan agar Kepala KUA, Penghulu, dan Penyuluh agar intens mengedukasi  tentang regulasi batas usia nikah sesuai perundang undangan kepada masyarakat.

“Sebagai warga Kementerian Agama, kita berkewajiban berikan pemahaman masyarakat, terkait batas  minimal usia yang diperbolehkan menikah menurut Undang Undang, yaitu laki-laki dan perempuan harus berumur  19 Tahun”, jelas kakanwil.

Diakhir sambutannya, Kakanwil ingatkan agar ASN Kemenag tetap berpegang pada Nilai Budaya Kerja  Kementerian Agama, tetap disiplin walaupun di masa Pandemi.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah, Andi Rizky Dharma,  menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menyosialisasikan beberapa petaturan yang terkait dengan  Kepenghuluan.

“Aturan yang kita sosialisasikan adalah PMA No. 11 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perhitungan Jabatan  Fungsional Penghulu, Surat Edaran Dirjen Bimas Islam No. P.006/Dj.III/Hk.007/2020 Tentang Pelayanan Nikah  Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid 19, dan Regulasi yang lain yang berkaitan dgn tugas Layanan
Kepenghuluan”, jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, pelaksanaan kegiatan ini dapat dilaksanakan, setelah mendapat Rekomendasi dari  Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Kota Makassar. (rls).

Pos terkait