Inovasi Dongkelor Diminati Masyarakat

  • Whatsapp
Inovasi Dongkelor Diminati Masyarakat

Inovasi Dongkelor Diminati Masyarakat
MAKASSAR, UPEKS.co.id— Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menorehkan prestasi pada tingkat  nasional. Kali ini, inovasi yang dicetuskan masuk dalam Top 21 Inovasi Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) Kemenpan RB tahun 2020.

“Inovasi ini sekarang sangat diminati. Mulai anak-anak sekolah, bahkan masyarakat umum. Ibu-ibu juga banyak  yang suka,” beber Muhammad Fadli, Kepala Bidang Bidang Layanan Alih Media dan Teknologi Informasi Dinas  Perpustakaan Makassar, Senin (31/8/2020).

Bacaan Lainnya

Fadli menjelaskan, inovasi tersebut disebut Dongeng Keliling Online dari Rumah (Dongkelor). Inovasi tersebut  sebagai kelanjutan dari program sebelumnya, yakni Dongeng Keliling (Dongkel).

Dongkel, katanya, tak bisa dilaksanakan di tengah pandemi. Sebab, pembatasan interaksi sosial menjadi  penyebabnya.

“Sejak pandemi Covid-19, otomatis menghentikan semua kegiatan layanan Dongkel Perpusling yang selalu mendatangi sekolah dan tempat-tempat umum di Kota Makassar. Kemudian muncullah ide untuk memindahkan semua aktivitas mendongeng itu ke dunia maya, sekaligus memberikan edukasi untuk mematuhi protokol
kesehatan dalam pencegahan Covid -19,” jelas Fadli.

Nama Dongkelor terinspirasi juga dari nama tumbuhan yang dipercaya bisa menangkal virus corona yakni Daun Kelor. Ide tersebut akhirnya terwujud dan edisi perdana pun diluncurkan live bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu tanggal 2 Mei 2020 di akun instagram Dongkel Perpusling.

Dongkelor yang didaftar oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk kategori Pengetahuan Publik mampu  melewati tahapan proses evaluasi yang diikuti oleh kementerian/ lembaga, provinsi, kabupaten, kota, perguruan tinggi, perusahaan swasta dan masyarakat sipil, dengan jumlah seluruhnya 1.204 inovasi yang masuk di Kemenpan RB.

Dongkelor ditetapkan sebagai TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik berdasarkan keputusan Menpan RB Nomor 246 Tahun 2020 Tentang TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid -19 yang diumumkan melalui siaran  langsung Live Streaming Youtube Kementerian RB, Rabu (26/8/2020).

Bahkan, Dongkelor masuk dalam tiga besar inovasi nasional untuk kategori pemerintah kota. Selain Kota Makassar, ada Kota Magelang dan Yogyakarta. (rul

Pos terkait