Dukung Aksi Gebrak Masker, PKK Sulsel Bagikan 17.000 Masker di Delapan Kabupaten/Kota

  • Whatsapp
Dukung Aksi Gebrak Masker, PKK Sulsel Bagikan 17.000 Masker di Delapan Kabupaten/Kota

Makassar,Upeks.co.id— Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75 sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mengkampanyekan penggunaan masker secara massif guna pencegahan penyebaran Covid-19,

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama Ikatan Keluarga Alumi Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) berkolaborasi dalam Program Gerakan Membagikan Masker (Gebrak Masker) sebanyak 2,1 juta masker di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Gerakan Gebrak Masker ini diluncurkan langsung Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian. Istri dari Mendagri Tito Karnavian ini mengatakan, bahwa membagikan masker merupakan perkara mudah. Hanya saja, edukasinya yang sulit.

“Pembagian masker saya pikir mudah, karena kita hanya membagikan saja, turun ke lapangan door to door. Itu bisa dilakukan siapa saja, tapi sulitnya bagaimana mereka mengerti pentingnya masker itu,” kata Tri Tito Karnavian.

Ia meminta sosialisasi Gebrak Masker ini dilakukan dengan konsep yang jelas. Semata-mata agar masyarakat mau memakai masker. “Sosialisasi ini sangat penting dilakukan, harus dilaksanakan dengan konsep yang jelas agar masyarakat mau memakai,” ujarnya.

Khusus Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), TP PKK Provinsi melaksanakan aksi Gebrak Masker dengan membagikan 17.000 masker di delapan kabupaten dan tiga kota dengan melibatkan tim sebanyak 2020 orang, sesuai semangat 17.08  dalam memerangi Covid-19.

Kedelapan kabupaten yang ikut dalam kegiatan Gebrak Masker, yakni Kabupaten Pinrang, Barru, Wajo, Luwu, Gowa, Takalar, Bantaeng, dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Sedangka tiga kota yang melaksanakan aksi Gebrak Masker, yaitu Kota Makassar, Pare-pare, Palopo,

Sedangkan tim yang dilibatkan dalam Gebrak Masker terdiri dari Ketua TP PKK kabupaten/kota, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Biro Adpim (Bag. Protokol) Pemkab/Pemkot, dan Pengurus DPP IKAPTK se-Sulsel.

Ketua TP PKK Sulsel, Liestiaty Fachrudin Nurdin mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 3 Agustus 2020 tentang keterlibatan PKK dalam perubahan perilaku masa pandemi Covid 19 dan surat KEMENDAGRI No. 440/3592/BPD tentang pelaksanaan Gebrak Masker secara serentak pada tanggal 17 Agustus 2020.

“Kami menjalankan amanah dari Presiden melalui kegiatan Gebrak Masker. Presiden menginginkan PKK seluruh Indonesia mensosialisasikan penggunaan masker kepada masyarakat. Bukan hanya membagikan masker, tetapi membangun kesadaran agar masyarakat mau bermasker selama vaksin untuk virus ini belum ada,” katanya dalam keterangan resminya.

Istri Gubernur Sulsel ini menjelaskan, upaya mengedukasi masyarakat agar disiplin menggunakan masker perlu dilakukan secara intensif, dan terus menerus seperti yang telah dilakukan selama ini dengan turun langsung membagikan masker dan mengedukasi masyarakat.

“Bukan karena masyarakat tidak punya masker sehingga mereka tidak pakai masker, namun karena kesadaran mereka untuk bermasker masih kurang,” jelasnya.

“Kami hadir menyatakan keyakinan kita akan pelibatan PKK dalam mempercepat penanganan covid-19. Peran ibu-ibu selama ini saya lihat sangat strategis dalam melakukan sosiallisasi untuk keluarga. Karena itu, saya yakin keterlibatan kader PKK akan membuahkan hasil yang signifikan dalam penanganan Covid-19,” ungkapnya menambahkan.

Lies berharap, di Hari Kemerdekaan RI ke-75, masyarakat Sulsel saling bahu-membahu untuk memberantas penyebaran Covid-19. “Kita harapkan kader TP PKK juga memberikan sosialisasi tambahan untuk tetap mengingatkan kepada masyarakat cuci tangan, menjaga jarak dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Selain melepas tim Gebrak Masker usai upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Lies juga turun langsung membagikan masker kepada masyarakat, dan dirangkaikan dengan anjangasana ke keluarga pahlawan Abdullah Bau Massepe, Pongtiku dan Pangeran Diponegoro.

Anjangsana juga dilakukan di Kantor Veteran, bertemu para pejuang dan mengunjungi panti asuhan. Diakhir kegiatan, Lies turut memberikan empati berupa bantuan pangan dan masker untuk korban kebakaran di Jalan Barukang, Makassar.(rif)

Pos terkait