Diskumdag Bantaeng Genjot SDM 30 Pengawas Internal 

  • Whatsapp
Diskumdag Bantaeng Genjot SDM 30 Pengawas Internal 

BANTAENG, UPEKS.co.id –Sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari unsur Pengawas Internal Koperasi Kabupaten Bantaeng ikut Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perkoperasian bagi Pengawas Koperasi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan(Diskumdag) Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni mulai tanggal 18 Agustus hingga 19 Agustus 2020,di ruang Pertemuan Kantor Baznas Kabupaten Bantaeng,Selasa(18/8/2020).

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Bantaeng H.Sahabuddin dalam sambutannya menyampaikan,,Dalam Kegiatan Usaha Koperasi,Pengawas sebagai salah satu alat kelengkapan dalam Koperasi memegang peranan dalam menentukan kesehatan jalannya usaha yang dikelola oleh pengurus,pengawas adalah perangkat organisasi yang mendapat kuasa dari rapat anggota untuk mengawasi pelaksanaan keputusan rapat anggota yang khususnya menyangkut organisasi kelembagaan, pendidikan serta penyuluhan.

Pengawas dipilih dari,oleh dan untuk anggota oleh sebab itu pengawas bertugas untuk menjaga agar kegiatan yang dilaksanakan oleh koperasi sesuai dengan keputusan rapat anggota.

Dalam pelaksanaannya, koperasi harus dalam kondisi sehat ,baik dari aspek organisasi maupun keuangannya.

Untuk itu koperasi harus menjalani pemeriksaan secara periodik yaitu seorang pengawas diupayakan untuk memiliki kemampuan dalam bidang akuntansi, mengingat pengawas harus melaksanakan fungsi audit,konsultasi dan manajemen,jelas Sahabuddin.

Lanjut kata Sahabuddin, Sedemikian pentingnya peran pengawas koperasi, sehingga Pemerintah Kabupaten Bantaeng,dalam hal ini Dinas koperasi UKM dan Perdagangan berkomitmen untuk melakukan pemberdayaandan pembinaan terhadap Koperasi dan UKM.Salah satunya dengan melakukan kegiatan pelatihan ini.Mengingat masih banyak koperasi yang tidak aktif dan tidak melaksanakan manajemen koperasi secara benar,jelas dia.

Selanjutnya dia berharap, Kegiatan ini dapat berkesinambungan untuk masa yang akan datang,sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas terhadap pengawasan koperasi dapat terwujud dan semoga ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan dalam mengembang tugas sebagai seorang pengawas koperasi, tutup Sahabuddin.

Sementara itu,Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Ir.Meyriyani,M.Si berharap peran dan fungsi pengawas koperasi bisa berjalan dan dilaksanakan secara profesional. Dan dengan dapatnya ilmu pemahaman terhadap apa tugas dan tanggungjawabnya sebagai pengawas koperasi maka tugas fungsinya ini bisa dijalankan secara profesional sehingga nanti kita berharap dengan berfungsinya pengawas koperasi secara profesional maka koperasi yang ada di Bantaeng ini bisa tumbuh dan berkembang secara berkualitas untuk menopang ekonomi kerakyatan di Kabupaten Bantaeng,pungkasnya.

Narasumber,Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Ir.Meyriyani,M.Si,Kabid Koperasi Junaidi,SE,M.AP dan Widyaswara dari Dinas koperasi UMKM Provinsi SulSel.Dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Muhammad Arief,S.Sos,MM, Kasubag perencanaan,kasi kelembagaan,kasi bina koperasi dan kemitraan serta kasi pengawasan dan pemeriksaan.(Irwan.P)

Pos terkait