ANEKA

Diduga tak Sesuai RAB, Jangkar Segera Laporkan Dua Proyek P3TGAI Desa Jipang

Diduga tak Sesuai RAB, Jangkar Segera Laporkan Dua Proyek P3TGAI Desa Jipang

GOWA.UPEKS.co.id— Jaringan Penggiat Anti Korupsi dan Kriminal (Jangkar) Sulsel bakal melaporkan dua  proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Jipang, Kecamatan Bontonompo  Selatan, Kabupaten Gowa, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa.

Pasalnya, proyek yang berasal dari Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020 Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (PUPR) yang dilaksanakan Kelompok P3A Bangkala dan kelompok P3A Kale Jipang tersebut,  dikerjakan dengan pemasangan pondasi tidak digali, namun pondasinya ditumpuk di atas tanah.

Tak hanya itu, kata Ketua Jangkar Sulsel, Sahabuddin Daeng Ngalle, ketinggian pondasinya pun diperkirakan  hanya 45 cm dan pemasangan batu pondasinya pun tidak rata. Padahal, di dalam RAB-nya tercantum ketinggian  pondasi yang ditetapkan 70 cm, dengan rincian 50 cm ketinggian pemasangan batu dan kedalaman galian pondasi  20 cm.

“Insya Allah, secepatnya saya akan buat laporannya ke Kejari Gowa. Karena pengerjaan dua proyek P3TGAI di  Desa Jipang itu, saya anggap tak sesuai RAB,” katanya saat ditemui di Warkop Poksa Takalar, Rabu (12/8/20).

Dalam laporannya, Jangkar akan melampirkan bukti-bukti gambar atau foto proyek PT3GAI tersebut ke Kejari  Gowa. “Nanti saya bawa laporan ke Kejari Gowa lengkap dengan gambar atau foto proyek yang dibayai APBN  senilai Rp380 juta itu,” ungkapnya.

Ia pun meminta, agar tahun depan 2021 pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat (PUPR) agar menyetop proyek PTGAI ke Gowa dan Takalar.

“Harusnya proyek ini dikerjakan dengan baik, boleh untung tapi jangan terlalu. Masa proyek di Desa Jipang ini  tidak ada galian pondasinya, ketinggiannya pun tak sesuai RAB. Takutnya nanti bila musim hujan proyek ini akan  mudah ambruk,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok P3A Kale Jipang, Jamaluddin Daeng Kulle yang dikonfirmasi awak media  sebelumnya mengaku, akan segera meninjau proyek P3TGAI tersebut.

“Besok saya lihat yang bagian mananya tidak sesuai volume dengan RAB-nya, karena itu proyek baru juga selesai  dikerja,” akunya via seluler.(penulis berita: rif)

#TRENDING

To Top